PKBM Hangtuah Tetap Eksis Layani Pendidikan Masyarakat

Ojenews.com Pekanbaru Riau.
Negeri Smart City Madani,-Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan dalam memberikan pelayanan kependidikan pada masyarakat melalui dua jalur, yang pertama jalur pendidikan formal dan yang kedua jalur pendidikan non formal.

Pendidikan jalur non formal yang salah satunya melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM).Lembaga ini yang pada dasarnya melakukan penyelenggaraan belajar disetiap jenjang pendidikan dengan dua jalur yakni, jalur reguler dan jalur mandiri.

Terkait perihal tersebut, Ketua PKBM Kota Pekanbaru yang juga sebagai kepala PKBM Hangtuah Andi.M.Amir mengatakan pihaknya selama 13 tahun tetap eksis melayani masyarakat dalam bidang pendidikan. PKBM Hangtuah yang dikelolanya memiliki dua jalur pembelajaran dalam melayani pendidikan masyarakat.

“Kita berdiri sejak tahun 2006 dan hingga kini tetap eksis melayani masyarakat dalam bidang pendidikan.Ada dua jalur yang kita tawarkan dalam aktifitas belajar, yang pertama jalur reguler. Jalur ini kita lakukan kegiatan belajar mengajar 3 kali dalam satu minggu. sementara jalur yang satunya lagi yakni jalur mandiri. pada jalur ini peserta didik kita lengkapi dengan modul dan kita akan lakukan penilaian setiap tiga bulan,”urai Andi M.Amir.

(Warga belajar PKBM Hangtuah sedang mengikuti ujian Nasinal tahun lalu)

Selanjutnya Andi M.amir mengatakan bahwa peserta belajar melalui jalur mandiri umumnya adalah orang orang yang sudah bekerja dan memiliki aktifitas yang tinggi, sehingga tidak punya waktu khusus untuk mengikuti KBM dengan jadwal yang ditetapkan PKBM Hangtuah.Sementara untuk peserta belajar melalui jalur reguler mereka ini biasanya para siswa yang putus sekolah dan punya cukup waktu untuk mengikuti KBM.

“Dua jalur KBM yang kita tawarkan kepada masyarakt adalah untuk memudahkan masyarakat dalam proses kepemilikan ijazah. Pola pendidikan yang ditawarkan PKBM Hangtua kepada masyarakat yang membutuhkan sejauh ini sangat diterima baik, untuk itu kita mengucapkan terimakasih pada masyarakat yang mempercayai PKBM Hangtua sebagai wadah belajar,”ujar Andi M.Amir.

Diakhir keterangannya Ketua PKBM se-Pekanbaru ini menjelaskan bahwa untuk tahun ini PKBM Hangtua sudah memiliki peserta belajar untuk Paket A.Sebanyak 30 peserta, untuk Paket B.Sebanyak 102 peserta sedangkan untuk Paket C.Sebanyak 162 peserta belajar,”tutup Andi,M.Amir.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "PKBM Hangtuah Tetap Eksis Layani Pendidikan Masyarakat"