Pertengahan Januari Dilakukan Assesmen Isi Kepala OPD Kosong

Ojenews.com, Pekanbaru, Riau- Pasca dilantiknya pejabat kepala OPD dilingkungan Pmerintah Kota Pekanbaru, masih ada sebanyak lima kepala OPD yang belum defenitif. Saat ini lima OPD tersebut masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). OPD nya yaitu, Dinas Pertanahan, Dinas Infokom, Statistik dan Persandian, Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru (Balitbang), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Plt BKD Kota Pekanbaru, Masriah, mengatakan, lima jabatan yang masih diisi oleh Plt tersebut akan dilelang secara terbuka. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta. Setelah mendapatkan restu dari Komisi ASN, pihaknya akan membentuk tim Panitia Seleksi (Pansel).

Jika tahapan ini sudah dilakukan, maka pihaknya akan mengumumkan pendaftaran assesmen tersebut. “Jabatan di OPD baru ini jumlahnya ada 1.274. Mulai dari eselon II sampai IV. Dari jumlah itu, masih ada yang kosong sekitar 33 jabatan. Dari 33 jabatan itu, ada 5 jabatan yang diantaranya adalah untuk posisi jabatan tinggi pratama atau eselon II.

Untuk pengisian jabatan tinggi pratama itu harus melalui assesmen,”kata Masriah. Masria juga mengatakan, pasca pengukuhan pejabat di OPD baru yang dilakukan secara maraton selama dua hari kemarin, pihak BKD mengaku akan segera melaporkannya ke Komisi ASN dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Disaat melaporkan hasil pengukuhan tersebutlah nantinya BKD akan mengajukan pengisian jabatan yang masih kosong.

“Kalau sudah disetujui, kita akan masukkan suratnya dan segera membentuk tim Pansel. Baru kita umumkan untuk pendaftaran seleksinya. Kita perkirakan dalam pertengahan bulan ini kita sudah bisa membuka pendaftaranya, kita akan minta izin dulu dengan Komisi ASN dan Kemendagri,”kata Masriah.

Menurut Masriah, proses pendaftaran hingga sampai ke pengumuman pejabat yang lolos seleksi assesmen memakan waktu sekitar dua bulan.

“Kita butuh waktu paling tidak selama lebih kurang dua bulan sampai selesai proses seleksi assesmen sampai diumumkan siapa pejabat yang lolos. Kerana 15 hari kerja itu nanti kita habiskan untuk pengumuman dan pendaftaran, setalah itu baru kita masuk tahapan seleksinya,” jelasnya.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh pejabat yang memenuhi kualifikasi untuk bisa mempersiapkan persyaratanya. Sebab seleksi ini terbuka bagi seluruh pejabat dilingkungan Pemko Pekanbaru.

“Yang memenuhi persyaratan silahkan mendaftar sesuai dengan ketentuan yang nanti akan kita umumkan secara terbuka,”katanya.

Untuk diketahui, lima OPD yang masih kosong tersebut saat ini masih dijabat oleh seorang Pelaksana tugas. Rincianya, Plt Kepala Dinas Pertanahan, dijabat oleh Azwan yang juga Asisten 1. Kemudian Plt Kepala Dinas Infokom, Statistik dan Persandian, dijabat oleh Firmansyah Eka Putra yang juga Sekretaris Dinas Infokom, Statistik dan Persandian.

Kemudian Yusrizal, Kepala Bappeda rangkap jabatan sebagai Plt Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru. Masriah yang menjabat sebagai sekretaris BKD juga menjadi Plt Kepala BKD. Kemudian Alek Kurniawan selain menjabat sebagai Sekretaris BPKAD juga menjabat sebagai Plt Kepala BPKAD. (AA)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pertengahan Januari Dilakukan Assesmen Isi Kepala OPD Kosong"