Peringati HUT Pekanbaru Ke-235 Pemko Sajikan Rangkaian Kegiatan Menarik

Gerakan bersih Sungai Sempena HUT Pekanbaru 235

Ojenews.com Pekanbaru Riau.
Negeri Smart City Madani-Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru yang jatuh pada hari Minggu 23 Juni 2019 diperingati Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dengan menyajikan berbagai rangkaian kegiatan yang menarik.

Perayaan HUT Kota Pekanbaru yang Ke-235 ini sangat berbeda dengan perayaan HUT Kota Pekanbaru sebelumnya.
Dalam rangka kegiatan tersebut salah satunya terdapat kegiatan gerakan pembersihan sungai Siak. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan semangat cinta lingkungan bagi warga Kota Pekanbaru.

Masyarakat diajak membersihkan sampah di pinggiran Sungai Siak pada 20 Juni 2019 lalu.Walikota Pekanbaru, Firdaus MT bersama unsur forkopinda ikut membersihkan sungai dengan menumpangi perahu karet Basarnas Pekanbaru.Ia bersama rombongan memungut sampah yang menggenang di aliran sungai.

Kegitan ini dimulai dari tepi Masjid Nurul Iman, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan. Rombongan menyusuri aliran sungai dari sana menuju dermaga terapung dekat Rumah Singgah Tuan Kadi.

Terkait kegiatan ini Koordinator HUT Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, salah satu rangkaian kegiatan HUT Pekanbaru yaitu bersih-bersih Sungai Siak dengan titik kumpul di bawah Jembatan Siak IV.

“Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, media, masyarakat dua kecamatan terlibat dalam kegiatan ini. Kemudian, kami juga menyiapkan perahu karet bagi masyarakat yang akan membersihkan Sungai Siak dari enceng gondok,”ungkapnya.

Selain gerakan pembersihan sungai Siak, Pemerintah Kota Pekanbaru melalu Panitia perayaan HUT Kota ke-235 juga menggelar lomba dayung International Dragon Boat Competition Pekanbaru Open 2019 yang berlokasi di sepanjang aliran sungai Siak di Kota Pekanbaru

Dayung International Dragon Boat Competition Pekanbaru Open 2019

Berbagai peserta ajang tersebut berasal dari mayoritas kalangan Mahasiswa dan Pelajar, juga ada beberapa atlet cabang olahraga dayung tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota se Riau.

Terkait Even ini, Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Pekanbaru, Agus Triono bahwa salah satu bentuk kemeriahan dalam merayakan HUT Pekanbaru ke-235 adalah dengan digelarnya Dragon Boat Competition.

“Acara perlombaan Balap Dayung International Dragon Boat Pekanbaru Open 2019 berlangsung selama 3 hari yakni dari tanggal 21, 22, dan 23 Juni 2019.” Jelas Agua Triono kepada awak media.

Penang even ini, juara 1 Pekanbaru Open 250 dimenangkan oleh tim dari SMA Olahraga Pekanbaru, juara 2 Tim Rumbai Pesisir, dan juara 3 dari Tim Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.

Ketua KONI Kota Pekanbaru, Anis Murzil, mengatakan bahwa ada 3 nomor yang diperlombakan di event ini. Yakni, Pekanbaru Open 250 meter, International Mixed 250 meter dan International Open 250.

Wawako Ayat Cahyadi saat penyampaian laporannya di rapat paripurna DPRD

Sementara itu HUT Kota Pekanbaru ke-235 yang jatuh pada hari Minggu 23 Juni 2019 tersebut DPRD Kota Pekanbaru menggelar rapat Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke-235.

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Sigit Yuwono,ST yang didampingi Wakil Ketua Noprijal dan Jhon Romi Sinaga.

Sidang Paripurna yang kental akan nuansa Melayu ini, juga turut dihadiri Gubernur Riau Syamsuar yang diwakili Asisten I Provinsi Riau Ahmad Syah Harofie, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Mantan Ketua DPRD Pekanbaru Teguh Pribadi Arsyad, serta Forkompimda,jajaran pejabat lingkungan pemerintah Kota Pekanbaru Kadis,Kaban,Camat,Lura dan sejumlah organisasi masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Kehadiran para tamu undangan dan juga anggota DPRD Pekanbaru dalam sidang paripurna tersebut tampak menggunakan baju Teluk Belanga lengkap dengan Tanjak dikepala, dan ini menambah kekental nuansa Melayu dalam acara tersebut.

Sejumlah pejabat dan tokoh Kota pekanbaru dalam acara rapat paripurna

Dalam sambutannya, pimpinan sidang Sigit Yuwono menyampaikan bahwa Kota Pekanbaru untuk setakad ini telah berusia 235 tahun dan ini bukanlah usia yang muda. Saat ini juga pembangunan di kota Pekanbaru semakin pesat, hal ini dibuktikan dengan pembangun infrastruktur yang terus bergulir.Dengan demikian, diharapkan agar pelayanan kepada masyarakat nantinya akan semakin maksimal.

“Namun tentunya hal itu juga harus dibarengi dengan dukungan dari warga Kota Pekanbaru agar gerak kebijakan pemerintah Kota dalam melaksanakan pembangunan dapat berjalan dan terwujud sesuai dengan kebutuhan masyarakat kota Madani ini,” tuturnya.

Upacara peringatan HUT Kota Pekanbaru ke-235

Sementara keesokan harinya, Senin 24 Juni 2019,Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar upacara bendera dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kota yang ke-235 tahun 2019.Upacara yang dilaksanakan di komplek perkantoran Walikota Tenayan Raya tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat Pemko Pekanbaru, Porkompinda, anggota DPRD Pekanbaru dan berbagai tamu undangan lainnya, Senin (24/6/2019).

Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Walikota Pekanbaru H.ayat Cahyadi,M.Si.Dalam manatnya mengatakan, Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru ke-235 ini juga bersempenaan dengan peringatan Hari keluarga Nasional (Harganas).

Berdasarkan Visi daerah Pekanbaru 2015-2025 yaitu mewujudkan kota pekanbaru sebagai pusat perdagangan barang dan jasa, pusat pendidikan serta pusat kebudayaan melayu yang sejahtera yang berlandaskan iman dan taqwa.Sementara itu Wawako Ayat Cahyadi juga memaparkan bahwa pada periode pertama Walikota bersama Wakil Walikota dalam visinya akan menjadikan Kota pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani dan dilanjutkan dengan periode kedua yakni 2017 sampai 2022 dengan mewujudkan Pekanbaru sebagai kota Smart City yang Madani.

Pemotongan tumpeng dalam perayaan HUT Kota Pekanbaru ke-235

Disebutkan Wakil Walikota Ayat Cahyadi bahwa tujuan dari Visi tersebut adalah terciptanya masyarakat Pekanbaru yang mandiri tangguh dan berdaya saing yang tinggi dengan sasaran pelayanan yang lebih dekat, cepat, murah dan dengan pelayanan yang lebih baik.

Untuk itu semua gambaran masyarakat yang madani, kita ingin wujudkan agar dia menjadim masyarakat yang sejatera dengan berlandaskan iman dan taqwa.Ada beberapa indikator yang harus menjadi perhatian seluruh SKPD, seluruh HSN sehingga kegiatan kegiatan pembangunan dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Pekanbaru.

“Pertama kita menginginkan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani, kita telah membangun Puskesmas dan alhamdulillah kita sudah punya rumahsakit di Jalan Garuda Sakti.Kita juga menentukan langkah langkah prefentip progatif dibidang kesehatan yang sanggat penting sekali. Selain sehta jasmani tentu kita juga ingin bagaimana agar masyarakat Kota pekanbaru sehat dibidang rohani.Sejak periode pertama kita sudah ada peraturan tentang mesjid Paripurna, ditingkat Kota ada masjid Agung Arahman, di 12 Kecamatan ada masjid Paripurna Kecamatan dan di83 kelurahan ada masjid paripurna tingkat kelurahan yang itu semua adalah dalam rangka menginginkan agar masyarakat Kota Pekanbaru menjadi masyarakat yang sehat jasmani dan rohani,”papar Wakil Walikota Ayat cahyadi dalam sambutannya.

Selanjutnya dikatakan bahwa Pemko Pekanbaru melalui Walikota dan Wakil walikota Pekanbaru mengi8nginkan agar masyarakat Kota pekanbaru menjadi masyarakat yang cerdas, berpendidikan menguasai keterampilan dan tehknologi yang berperadaban.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Peringati HUT Pekanbaru Ke-235 Pemko Sajikan Rangkaian Kegiatan Menarik"