Pemprov Riau Promosikan Cagar Budaya Benteng Tuanku Tambusai Melalui Festival

Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai (foto.net)

Ojenews.com.Rohul.Riau.

Tambusai-Banyak situs bersejarah yang tersebar dinegeri Lancang Kuning ini, naun hingga setakad ini belum maksimal kepopuleran situs tersebut di tengah-tengah generasi masyarakat Riau.

Benteng 7 lapis misalnya, benteng yang dibangun pahlawan nasional oleh Tuanku Tambusai pada tahun 1832 untuk melawan penjajah belanda tersebut juga termasuk satu diantara situs sejarah lainnya yang sepi dari kunjungan para wisata.

Guna membangkitkan kenangan sejarah terhadap perjuangan Tuanku Tambusai sekaligus mempromosikan benteng tersebut sebagai salah satu objek wisata sejarah di Provinsi Riau ini. Pemerintah Provinsi Riau menggelar Festival Benteng Tuanku Tambusai. Pembukaan iven tersebutr langsung dilakukan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman.

membangkitkan minat dan pengetahuan masyarakat Riau terhadap Benteng Tujuh Lapis ini, Pemerintah Provinsi Riau menggelar Festival Benteng Tuanku Tambusai. Pembukaan iven tersebutr langsung dilakukan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman.

Kendatipun diguyur hujan, Gubri serta masyarakat sama-sama tetap bersemangat dalam acara pembukaan terseb. Berbagai kesenian daerah Rohul ditampilkan seperti,  Gondang Barogong dan Burudah dan juga ditampilkan seni puisi dan tarian kolosal yang mengisahkan tentang kepahlawanan Tuanku Tambusai.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau bersama Kabupaten/Kota sejak tahun 2015 selalu menggiatkan sektor pariwisata berbasis budaya di Provinsi Riau.

 

Benteng Tujuh Lapis Tuanku tambusai (foto.Metro Terkini)

“Kita dari tahun lalu hingga kini tengah giat-giatnya membangkitkan sektor kepariwisataan, terutama situs-situs sejarah. Kedepan kita harapkan Festival Benteng Tuanku Tambusai dapat berkesinambungan sehingga menjadi salah satu aikone wisata Rokan Hulu,”harap Gubri.(oje).

 

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemprov Riau Promosikan Cagar Budaya Benteng Tuanku Tambusai Melalui Festival"