Pemko Pekanbaru Gelar Upacara Bendera HUT Kota Ke-235 di Komplek Perkantoran Walikota Tenayan Raya

Upacara bendera HUT Pekanbaru ke-235 Th 2019

Ojenews.com Pekanbaru Riau.
Negeri Smart City Madani-Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar upacara bendera dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kota yang ke-235 tahun 2019.Upacara yang dilaksanakan di komplek perkantoran Walikota Tenayan Raya tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat Pemko Pekanbaru, Porkompinda, anggota DPRD Pekanbaru dan berbagai tamu undangan lainnya, Senin (24/6/2019).

Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Walikota Pekanbaru H.ayat Cahyadi,M.Si.Dalam manatnya mengatakan, Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru ke-235 ini juga bersempenaan dengan peringatan Hari keluarga Nasional (Harganas).

Berdasarkan Visi daerah Pekanbaru 2015-2025 yaitu mewujudkan kota pekanbaru sebagai pusat perdagangan barang dan jasa, pusat pendidikan serta pusat kebudayaan melayu yang sejahtera yang berlandaskan iman dan taqwa.Sementara itu Wawako Ayat Cahyadi juga memaparkan bahwa pada periode pertama Walikota bersama Wakil Walikota dalam visinya akan menjadikan Kota pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Madani dan dilanjutkan dengan periode kedua yakni 2017 sampai 2022 dengan mewujudkan Pekanbaru sebagai kota Smart City yang Madani.

Pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Paskibra

Disebutkan Wakil Walikota Ayat Cahyadi bahwa tujuan dari Visi tersebut adalah terciptanya masyarakat Pekanbaru yang mandiri tangguh dan berdaya saing yang tinggi dengan sasaran pelayanan yang lebih dekat, cepat, murah dan dengan pelayanan yang lebih baik.

Untuk itu semua gambaran masyarakat yang madani, kita ingin wujudkan agar dia menjadim masyarakat yang sejatera dengan berlandaskan iman dan taqwa.Ada beberapa indikator yang harus menjadi perhatian seluruh SKPD, seluruh HSN sehingga kegiatan kegiatan pembangunan dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Pekanbaru.

“Pertama kita menginginkan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani, kita telah membangun Puskesmas dan alhamdulillah kita sudah punya rumahsakit di Jalan Garuda Sakti.Kita juga menentukan langkah langkah prefentip progatif dibidang kesehatan yang sanggat penting sekali. Selain sehta jasmani tentu kita juga ingin bagaimana agar masyarakat Kota pekanbaru sehat dibidang rohani.Sejak periode pertama kita sudah ada peraturan tentang mesjid Paripurna, ditingkat Kota ada masjid Agung Arahman, di 12 Kecamatan ada masjid Paripurna Kecamatan dan di83 kelurahan ada masjid paripurna tingkat kelurahan yang itu semua adalah dalam rangka menginginkan agar masyarakat Kota Pekanbaru menjadi masyarakat yang sehat jasmani dan rohani,”papar Wakil Walikota Ayat cahyadi.

Penghormatan umum kepada pembina upacara pada upacara HUT Kota pekanbaru ke-235

Selanjutnya dikatakan bahwa Pemko Pekanbaru melalui Walikota dan Wakil walikota Pekanbaru mengi8nginkan agar masyarakat Kota pekanbaru menjadi masyarakat yang cerdas, berpendidikan menguasai keterampilan dan tehknologi yang berperadaban.

“melalui dinas Pendidikan kita bangun sekolah,kita tingkatkan kualitas guru dan bersenegi dengan swasta termasuk dengan pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat.Dalam amanat Undang undang pemerintahan daerah sejak 2017 kewajiban Kabupaten Kota dibidang pendidikan hanya untuk tingkat SD dan SMP sederajad sedangkan SMA, SMK sederajad adalah kewajiban Provinsi. Bersinergi dengan swasta adalah upaya menjadikan genersi kita menjadi generasi yang cerdas dan mempunyai dayasaing yang tinggi,”sebutnya.

Penandatanganan Mou Pemko Pekanbaru dengan IDI

Saat ini Kota Pekanbaru juga sudah menjadi kota besar dan dengan usia Kota Pekanbaru 235 tahun ini bukan lagi usia yang muda namun sudah cukup matang ditambah lagi dengan jumlah penduduk yang sudah mencapai 1,1 juta jiwa. Kondisi ini berpotensi besar timbulnya masalah masalah sosial yang harus ditangani dengan baik dan bijaksana.

“Kota kita ini telah pula menjadi kota besar, dengan penduduk yang telah mencapai 1.1 juta jiwa akan besar potensi masalah sosial yang kita hadapi kedepan.Masalah pengangguran, premanisme, Gelandangan dan banyak lagi masalah sosial lainnya,”sebut Wawako dalam pidatonya.

Disamping itu Wakil Walikota Pekanbaru Ayat cahyadi mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengajari masyarakat kota agar masyarakat Kota pekanbaru menjadi masyarakat yang Smart dan madani.

Sementara itu sehubungan dengan peringatan Hari Keluarga Nasinal (Harganas)ke-26 Wawako menyampaikan bahwa pesan inti dari Harganas 2019 ini adalah “Cinta Keluarga Cinta terencana” yang bertemakan Hari Kita Semua.

Pemotongan Tumpeng HUT Pekanbaru ke-235 (dok Humas)

Momentum Hari Keluarga Nasional ini harus menjadi semangat bagi kita semua untuk bagai mana mengukuhkan ketahan keluarga keluarga kita.

“Sesibuk apapun kita tidak boleh kita melalaikan tanggung jawab kita terhadap keluarga kita. karena keluarga keluarga kita ini adalah benteng anak anak kita yang akan melindungi dari pengaruh zaman,”sebut Wawako.

Dikatakan juga bahwa komunikasi dengan anak dan istri adalah sebagai kunci dalam menjaga keutuhan keluarga.
Karena dengan melakukan komunikasi yang baik dan inten akan dapat meminimalisir berbagai persoalan yang muncul dalam rumah tangga.Diakhir pidatonya Wakil Walikota Pekanbaru H.Yat Cahyadi membacakan sebait pantun
“Bulan Syawal masih dimuka Harganas memperkuat silaturrahmi Selamat dirgahayu Pekanbaru ke-235 semoga terwujud Smart City Madani”

Jajaran pejabat Pekanbaru

Sehubungan dengan perayaan HUT Kota Pekanbaru Ke-235 tahun 2019 itu tersebut panitia perayaan menyuguhkan berbagai kegiatan yang menarik yang mana kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak tanggal 26 Juni lalu.

Dimulai dari gerak jalan sehat bersama Walikota Pekanbaru berserta jajaran pada 16 juni lalu. Goro jaga kebersiham lingkungan dan pembagian bibit pohon kepada masyarakat pada 21 Juni dan lomba Dragon Boat yang digelar hingga 23 Juni.

Penyerahan Reword kepada OPD Pariwisata dalam lomba inovasi

Selain menggelar berbagai lomba peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru yang ke-235 juga digelar sidang paripurna istimewa di DPRD Pekanbaru pada 23 Juni lalu. Rapat Paripurna ini dihadiri oleh berbagai petinggi daerah seperti Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Riau Ahmad Syaharopie, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi,M.Si, Mantan Ketua DPRD Pekanbaru Teguh Pribadi, Porkompinda Pekanbaru, Ketua dan Wakil Ketua berserta anggota DPRD Pekanbaru serta pejabat lingkungan Pemko Pekanbaru dan juga dihadiri oleh para undangan lainnya.(ADV)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemko Pekanbaru Gelar Upacara Bendera HUT Kota Ke-235 di Komplek Perkantoran Walikota Tenayan Raya"