Pemkab Rohil Optimalisasikan Layanan Kesehatan Masyarakat

Bupati Rokan Hilir H. Suyatno AMp meninjau Puskesmas Tanah Putih

Ojenews.com.Rokan Hilir-Rakyat Sehat Negeripun Kuat, untaian kata-kata yang singkat ini sungguhlah memiliki makna yang cukup luas, sehingga dijadikan pedoman oleh beberapa pemerintah daerah dalam melakukan inovasi pelayanan kesehatan dan salah satunya Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Optimalisasi bidang pelayanan kesehatan diberbagai wilayah Kabupaten Rohil terus saja digesa dan dilakukan dalam berbagai aspek pendukung layanan kesehatan.

Kesadaran akan pentingnya melakukan inovasi terhadap layanan kesehatan tersebut, Pemkab Rohil dewasa ini memperkuat tenaga medis yang menjadi ujung tombak optimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Peningkatan status pada sembilan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) menjadi Puskesmas rawat inap menjadi suplemen terbaik dalam peningkatan layanan kesehatan dan juga sebagi bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dalam melakukan optimalisasi layanan kesehatan masyarakat Rohil.

Dari 19 Puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan di Rohil, sembilan ( 9 )diantaranya berstatuskan puskesmas rawat inap. Antara lain yakni, puskesmas rawat inap Bangko kanan, puskesmas Bangko Jaya, puskesmas rawat inap Kecamatan rimba melintang, Puskemas rawat inap Sedinginan, Puskesmas Kubu, Puskesmas Bagan batu, Puskesmas Pujud, Puskesmas Kubu Babussalam (Kuba), dan puskesmas Panipahan.

Peningkatan status Puskesmas tersebut menjadi Puskesmas rawat inap bertujuan agar masyarakat yang berada diwilayah terpencil yang memiliki jarak tempuh yang jau dari Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Rokan Hilir mendapatkan layan kesehatan yang baik dari pemerintah Rokan Hilir.

Layanan keshatan pada Puskesmas Rawat Inap meliputi ketrsediaan ruang dan Unit gawat darurat (UGD) dengan alat kesehatan set gawat darurat. Memiliki Ruang Kesehatan Ibu dan Imunisasi dengan Alkes Set Pemeriksaan Anak dan Set Imunisasi, memiliki Ruang Kesehatan Ibu dan KB, dengan Alkes Set Pemeriksaan Ibu dan Set Pelayanan KB.

Selain itu Puskesmas rawat inap memiliki Ruang Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Alkes Set Kesehatan Gigi dan Mulut, memiliki Ruangan ASI dengan Alkes Set ASI, memiliki Ruangan Promkes dengan Alkes, memiliki Ruangan Farmasi dengan Alkes Set Farmasi.

Kemudian memiliki Ruangan Persalinan dengan Alkes Set Obstetri dan Ginekologi, Set Insersi dan Ekstraksi AKDR, Set Resusitasi Bayi, memiliki Ruangan Pasca Persalinan Bayi dengan Alkes Set Perawatan Pasca Persalinan, memiliki Ruangan Laboratorium dengan Set Laboratorium dan memiliki Ruangan Sterilisasi dengan Alkes Set Sterilisasi.

Bupati rohil tinjau pasien gizi buruk

Disamping melengkapi kebutuhan sarana layanan kesehatan masyarakat, Pemkab Rokan Hilir melalui Dinas Kesehatan menerapkan program ketok pintu. Dinas Kesehatan melalui seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Rohil akan mendatangi setiap Rumah Warga dan melakukan pengecekan kesehatan kendatipun warga tersebut tidak dalam keadaan sakit. Ini sejalan dengan program Pemerintah yang mengutamakan pencegahan dini.

Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno, menyebutkan mencapai dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menjadi perhatian terpenting bagi Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) dan pencapaian layanan kesehatan dapat diwujudkan melalui pembenahan sarana serta prasarana pendukung, seperti membenahi ruangan, penyediaan alat kesehatan dan perlengkapan moubiler dan lainnya..

Menurut Bupati, dengan membaiknya sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, secara otomatis kesehatan masyarakat semakin baik. Tentunya, lanjut Bupati, harus dibarengi dengan meningkatnya profesionalitas kinerja tenaga medis tersebut. Pelayanan kesehatan yang baik mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Indikatornya, keberhasilan pelayanan ditandai berkurangnya angka kematian bayi. Guna mengatasi berbagai permasalahan dalam pelayanan kesehatan, dilakukan dengan menekankan angka kematian ibu dan bayi.

Bupati suyatno eteskan vitamin pada balita

 

Tenaga kesehatan dituntut untuk dapat berkembang dengan baik seiring ilmu teknologi dan perubahan di tengah masyarakat. Dalam menunjang pelayanan kesehatan yang maksimal tak terlepas dari kelengkapan fasilitas, sarana prasarana kesehatan. Berkaitan dengan ini disadari pembenahan di bidang kesehatan terus membaik, dengan telah menjadikan sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sebagai Puskesmas Rawat Inap, layanan kesehatan Kabupaten rokan Hilir dapat termaksimalkan.(Advertorial Humas Pemkab Rohil/oje).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemkab Rohil Optimalisasikan Layanan Kesehatan Masyarakat"