Pemkab Rohil Gesa Peningkatan SDM Melalui Program Pendidikan

Bupati Rohil H.Suyatno melakukan  penandatangann nota kesepahaman (MoU) bersama Universitas Riau (UNRI) di Gedung Rektorat UNRI, Pekanbaru

Ojenews.com.Rokan Hilir-Pembangunan merupakan proses yang berkesinambungan yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat, termasuk aspek sosial, ekonomi, politik serta kultural, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam proses pembangunan generasi, peranan pendidikan amatlah strategis. Pendidikan mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Rokan Hilir mutlak harus dilakukan. Karena dengan kualitas sumber daya manusia yang baik dapat memberikan efek positif terhadap masadepan Kabupaten Rokan Hilir dimasa mendatang.

Pendidikan juga sebagai Investasi jangka panjang bagi Pembangunan di Rokan Hilir.
Isu mengenai sumber daya manusia (human capital) sebagai input pembangunan, bahwa pendidikan adalah sebagai investasi sumber daya manusia yang memberi banyak manfaat. Manfaat itu mencakub diperolehnya kondisi ekonomi rumah tangga yang lebih baik, peningkatan pola pikir, dan kecerdasan bermasyarakat dan bernegara di masa yang akan datang.

Kesadaran akan peran penting pendidikan dalam mempersiapkan generasi Rokan Hilir yang memiliki dayasaing dan mampu berkompetitif, unggul, serta mampu bekerjasama guna mencapai kemakmuran Kabupaten Rokan Hilir dimasa depan. Namun, Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut tidak akan bisa tumbuh dengan baik jika tidak dibarengi dengan program peningkatan mutu pendidikan yang jelas dan berkesinambungan.

Mengingat pentingnya peran pendidikan tersebut, Bupati Rokan Hilir H.Suyatno mengalokasikan anggaran pendidikan Kabupaten Rokan Hilir diatas target nasional yakni 24 persen atau sebesar Rp450 miliar setiap tahunnya sejak APBD Rohil tahun 2015 silam. Konsep peningkatan SDM yang diterapkan Bupati H.Suyatno bukan sekedar sebatas konsep, namun Pemkab Rohil juga menerapkan kebijakan dengan memprogramkan bantuan kuliah gratis kejenjang sarjana (S1) bagi seluruh guru.

Perkembangan pendidikan di Kabupaten Rokan Hilir di masa kepemimpinan Bupati H. Suyatno, telah banyak program yang sudah tercapai diantaranya, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur sekolah hingga bantuan siswa berprestasi.

Menurut Bupati H.Suyatno, konsep yang dibangunya selama ini secara otomatis akan membenahi kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Rokan Hilir. Setakad ini Pemkab Rohil telah menyekolahkan sebanyak 2.096 orang guru ke-jenjang pendidikan strata satu (S1) dalam berbagai bidang studi. Kebijakan ini salah satu upaya meningkatkan SDM, kualitas dan mutu pendidikan di Rohil.

Dari jumlah guru sebanyak 10.423 orang berlokasi di 901 sekolah dan 18 kecamatan di Kabupaten Rohil, 20 persen diantaranya sudah dikuliahkan untuk mengambil sertifikasi pendidikan sarjana dengan semua skala prioritas jenjang pendidikan mulai dari Play Grup, PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK serta perguruan tinggi dan sekolah tinggi yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

Bentuk karakter generasi melalui pendidikan kepramukaan di Rohil

Investasi modal manusia melalui pendidikan di Kabupaten Rokan Hilir dibawah kepemimpinan H.Suyatno terus digesa dan wajib diselenggarakan. Suyatno mengingatkan kembali, fungsi dan peran guru sangat besar maka bahasa yang menempatkan guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, sudah tidak relevan lagi. Kedepan guru dipandang sebagai pekerja profesional. Tolak ukur peningkatan kinerja guru bisa dinilai melalui sertifikasi, pengkajian struktural maupun pengkajian fungsional. Maka guru akan mendapat pemberian insentif menurut urgensi dan kebutuhan setiap guru.

Menurut Bupati H.Suyatno kedepan, kualitas guru yang baik akan dapat mempersiapkan lulusan peserta didik yang cerdas berakhlakul karimah dan memiliki kemandirian. Karena eksistensi guru sendiri adalah menyiapkan generasi muda bangsa yang unggul dan kompetitif, cerdas dan aplikatif, sehingga mampu membawa Kabupaten Rohil sejajar dengan kabupaten/kota lainya di Provinsi Riau.

Perbaiki Kualitas pendidikan merupakan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hilir dalam melaksanakan program kebijakan pencapaian prestasi pendidikan. Dinas Pendidikan sebagai dinas teknis mengambil langkah melakukan pemetaan dengan membenahi pendidikan yang dimulai dari jenjang sekolah dasar (SD) dan madrasah.

Peran Besar Pemkab Pada kesempatan lain, Bupati H Suyatno menyampaikan, majunya pendidikan di Kabupaten Rohil sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah daerah, yang setiap tahunya menganggarkan dana pengembangan pendidikan, peningkatan sarana prasarana sekolah dan penyetaraan jenjang pendidikan guru.

Seperti keberadaan kampus STAI Ar-Ridha di Bagansiapiapi, menurutnya,sangat membantu pemerintah daerah dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni telah menyediakan tempat kuliah bagi yang tidak mampu kuliah keluar daerah.

Pentingnya pendidikan bagi generasi muda pelajar Rokan Hilir menjadi simbol majunya suatu daerah, pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hilir sendiri memiliki keinginan kuat membenahi dan memperbaiki sektor pendidikan yang dimulai dari tingkat dasar.(Adevertorial Peningkatan SDM Pemkab Rohil/oje).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemkab Rohil Gesa Peningkatan SDM Melalui Program Pendidikan"