Pemdes Rambah Samo Barat Rohul Salurkan 462 Paket Sembako ke Masyarakat

Ojenews.com Rohul Riau 

Negeri Seribu Suluk,-Upaya membantu masyarakat yang ekonominya kian sulit karena dampak wabah COVID 19, Pemerintah desa (Pemdes) Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo, Rabu (15/4/2020), salurkan 462 paket ke masyarakat yang membutuhkan.

Paket sembako yang disiapkan Pemdes Rambah Samo Barat, diakui Kepala Desa (Kades) Rambah Samo Barat Yarmanis Daulay, disalurkan ke 462 Kepala Keluarga (KK) yang membutuhkan tersebar di 5 dusun.Selain itu juga dibagikan 1.000 helai makser pesanan ke pengerajin di desa, dibagikan gratis ke masyarakat.

“Sembako yang kita bagikan terdiri 10 kg beras dan setengah papan (13 butir) telur ayam ras, dibagi waktunya pagi hari untuk dua dusun, dan sore harinya tiga dusun. Kita tidak ingin adanya penumpukan masyarakat saat pembagian sembako karena dilarang saat ini,” kata Yarmanis.

Saat pembagian sembako dan masker gratis di depan kantor Desa Rambah Samo Barat, juga hadir Camat Rambah Samo, H.Herokertus Sembiring.S.Sos, Kapolsek IPTU Dedy Siswanto,Danramil 02/ Rambah Kapten Inf.Kasmir, perangkat desa dan tokoh masyarakat.

“Peket sembako kita bagikan ke warga di 5 dusun, yakni Hasahatan, Kubu Barubaru, Koto Tinggi, Negeri Danau Sati dan Danau Sati Negeri Pasar. Sembako yang kita bagikan, diharapkan dapat membantu masyarakat kita di tengah wabah COVID 19,” harap Yarmanis.

Pemdes Rambah Samo Barat, juga m membagikan alat pengukur suhu badan ke bidan desa selaku tim kesehatan, sanitizer dan APD. Kades Yarmanis mengakui,sumber pendanaan bantuan tersebut dari dana APBDes tahun 2020, yakni pada pos tanggap bencana.

Camat Rambah Samo H.Herokertus Sembiring berterima kasih dan mendukung program Pemdes Rambah Samo Barat, yang sudah mengaloksikan dana desa untuk tanggap bencana COVID 19.

Diakuinya, baru Desa Rambah Samo Barat yang mengalokasikan untuk bantuan tanggap bencana dari dana desa. Walaupun 13 desa lainnya juga sudah mengalokasikannya.

“Seluruh desa di Rambah Samo ada 14 desa, sudah menganggarkan untuk bantuan tanggap bencana wabah COVID 19. Namun baru Rambah Samo Barat yang melaksannya, besaran anggarannya tergantung masing masing desa sesuai kebutuhan yang dierlukan,” jelas Camat H.Herokertus Sembiring.

Camat juga mengaku, desa dibolehkan anggarkan untuk dana tanggap bencana dsri dana desa. Karena saat ini ada musibah atau tanggap darurat desa bisa menganggarkannya dan pihak kecamatan yang merevisi sesuai dengan kondisi didesa masing-masing.

Herokertus juga mengakui, di Rambah Samo sendiri hingga kini penyebaran COVID 19 di daerahnya tidak ada. Hanya saja masyarakat tetap dihimbau untuk mengikuti aturan pemerintah, dan seallu hidup bersih dan sehat, agar virus COVID 19 bisa hilang di Indonesia khususnya di Rohul.(rat).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemdes Rambah Samo Barat Rohul Salurkan 462 Paket Sembako ke Masyarakat"