Pasar Seni Disdikbud Laksanakan Gema Muharram

Tidak ada komentar 320 views
index

Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Riau Kamsol

Pekanbaru.Riau.Ojenews.com-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Riau laksanakan kegiatan rutin tahunan pasar seni di Taman Budaya. Kegiatan kali ini yaitu mengambil tema “Gema Muharram” tema ini diambil bersempenaan dengan dengan tahun baru Hijiriah 1438.

Berkenaan dengan perihal tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi RiauĀ  Kamsol mengatakan, perubahan tahun Hijiriah ini menjadi momen penting bagi umat Muslim. Kegiatan ini juga sekaligus dapat dijadikan refleksi diri, merenungi kembali perjalan hidup yang telah dilewati, untuk membangun karakter melalui budaya dan agama, tuturnya Selasa (4/10) kemaren.

Bulan Muharam merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi ummat Islam.Muharam juga sebagai tonggak budaya membangun karakter bangsa yangberagama. Karena seiring perkembangan jaman, banyak fenomena penyebab keterpurukan anak didik yang terjadi sekarang ini, di antara pergeseran nilai-nilai agama dan budaya.

“Kemajuaqn teknologi dan arus globalisasi menjadikan generasi pelajarĀ  teropsesi dengan budaya-budaya luar yang masuk tanpa melalui filter. Untuk itu perlu melakukan berbagai kiat yang dapat membentuk generasi yang berkarakter Indonesia sejati dan islami. Disi peran dari pendidik, orang tua dan para tokoh masyarakat untuk mengarahkan anakkepada pendidikan yang berkarakter dan berbudaya sebagai pintu awal menuju pendidikan yang beragama,” kata Kamsol lagi.

Takberbeda dengan Kamsol, Kepala UPT Taman Budaya Disdikbud Riau, Sri Mekka menjelaskan, di Taman Budaya rutin melaksanakan kegiatan kegiatan seni. Pada
kesempatan ini, dilaksanakan gema Muharram yang menampilkan para seniman, seperti Gasal, Nazid dan lain-lain. Para seniman ini
merupakanĀ  juara 1, pemenang even seni ditingkat Provinsi Riau.

Dalam rangka berhijrah dari tahun 1437 ke 1438 Hijriah, diharapkan,dapat mempererat hubungan silahturahmi antar sesama PNS dan
karyawan-karyawati Disdikbud. Untuk itu dalam kegiatan ini jugadiundang 40 orang anak yatim. Santunan yang diberikan murni sumbangan dari para pegawai lingkungan Disdikbud.

“Sekarang kita terus menggalakkan berbagai kegiatan pasar seni, pentas seni maupun even seni di UPT Taman Budaya. Alhamdulillah kegiatan ini dapa menghasilkan para para seniman berbakat seperti yang tampil padakegiatan Gema Muharram ini. Kedepan diharapkan bakat bakat yang terpendam bisa dimunculkan disini,” kata Mekka. (idr)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pasar Seni Disdikbud Laksanakan Gema Muharram"