Musrenbang Kecamtan Bukitraya Hasilkan 55 Daftar Usulan Pembangunan Prioritas Tahun 2021

(Kabid Pemerintahan dan Pembangunan BAPEDDA Pekanbaru Adrizal,SE)

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Smart City Madani,-Roda pembangunan Kota Pekanbaru terus berputar kearah yang lebih baik, semuanya itu berkat dukungan serta kerjasama seluruh komponen pemerintah yang dimulai dari tingkat RT,RW,Kelurahan dan Kecamatan.

Hari ini Rabu 5 Februari 2020 Kecamatan Bukitraya menggelar acara Musrenbang yang mana acara ini dihadiri oleh Camat Bukitraya Wahyu Idris,S.Hut Kepala Bapeda Kota Pekanbaru yang diwakili Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Adrizal,SE, Porkompincam Bukitraya, Para Lurah se-Kecamatan Bukitraya, Para Ketua ketua RW,RT se-Kecamatan Bukitraya para tokoh tokoh masyarakat cerdik pandai serta alim ulama dan lembaga-lembaga organisasi kemasyarakatan se-Kecamtan Bukitraya.

Acara musrenbang kecamatan yang di gelar di aula lantai 3 kantor Kecamatan Bukitraya tersebut menghasilkan 55 daftar usulan pembangunan prioritas Kecamatan Bukitraya untuk tahun 2021 mendatang.Sehubungan dengan perihal itu, Camat Bukitraya Wahyu Idri,S.Hut menerangkan bahwa daftar usulan prioritas pembangunan wilayah Kecamatan Bukitraya dengan jumlah 55 aitem itu sudah melalui tahapan tahapan serta prosedur dalam musrenbang.

“Hari ini kita menggelar musrenbang yang mana dalam musrenbang ini menghasilkan 55 item usulan pembangunan untuk tahun 2021 nanti.Tahapan tahapannya sudah kita lalui dan itu semua dihimpun dalam pra musrenbang yang digelar beberapa hari lalu.Semuanya itemnya berdasarkan usulan dari bawah, yang dimulai dari RT, RW, kelurahan dan hingga ketingkat kecamatan ini,”kata Camat Wahyu Idri.

Dikatakannya, musrenbang kali ini agak berbeda dari musrenbang tahun sebelumnya, dimana dalam musrenbang kali ini semua data usulan ter daftar dengan rapi dan lebih transfaransi.

“Tahun ini kita lakukan musrenbang agak berbeda dari sebelumnya, dimana data data usulan dari kelurahan kita imput menjadi satu dokumen yang filenya dapat diakses setiap saat,”ujarnya.

Dikesempatan tersebut dan disela sela acara, Kepala Bapeda Kota Pekanbaru yang diwakili Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Adrizal,SE menyebutkan bahwa musrenbang tingkat kecamatan tahun ini dirancang dengan metode yang berbeda dari musrenbang tahun sebelumnya.Diman musrenbang tahun ini dibagi dalam dua tahap, yang mana tahap satu disebut dengan pra musrenbang dan selanjutnya musrenbang.

Dijelas kan Adrizal bahwa dalam tahapan pra musrenbang para peserta melakukan musyawarah dan menentukan usulan pembangunan dari masing masing kelurahan dan hasilnya dibawa kemusrenbang kecamatan.

“Musrenbang tahun ini ada perbedaan dari musrenbang sebelumnya, yang mana musrenbang tahun ini dibagi dalam dua tahap.Jadi sebelum digelar musrenbang maka terlebih dahulu dilakukan pra musrenbang,dalam dalam pra musrenbang ini semua usulan dari kelurahan dilakukan pembahasan untuk mendapatkan usulan yang menjadi skala prioritas pembangunan kecamatan Bukitraya,”sebut Kabid Pemerintah dan Pembangunan BAPEDDA Pemerintah Kota Pekanbaru Adrizal,SE.

Dikatakan, dengan pola musrenbang dua tahapan ini akan dapat menghasilkan usulan usulan yang betul betul prioritas dan transparan serta dengan hasil yang maksimal.

“Pola ini sangat baik dan jauh lebih efektif dari sebelumnya.Daftar usulan dari masing masing kelurahan dibahas dalam pra musrenbang ini.Para peserta merumuskan daftar usulan secara apik tertata dan tertata serta terstruktur dalam suatu file yang dapat diakses bila mana diperlukan.”kata Adrizal.

Adrizal menyebutkan bahwa pihak BAPEDDA membagi dalam 4 tim, dan sementara dirinya bersama rekan lainnya berada pada tim satu dengan wilayah kecamatan Rumbai,Kecamatan Bukitraya dan Kecamatan Marpoyan Damai.

“Hari ini BAPEDDA dibagi dalam empat tim, dan kita termasuk dalam tim pertama dengan wilayah tiga kecamatan yakni kecamatan Rumbai, Bukitraya dan marpoyan Damai.Kita berharap tahapan musrenbang ditingkat kecamatan se-Pekanbaru dapat berjalan dengan baik serta menghasilkan daftar usulan skala prioritas dimasing masing kecamatan demi pembangunan Kota Pekanbaru yang Smart City Madani,”harap Adrizal,SE.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Musrenbang Kecamtan Bukitraya Hasilkan 55 Daftar Usulan Pembangunan Prioritas Tahun 2021"