MPTB di Desa Sialang Rindang Berjalan Lancar dan Sukses

Ojenews.co Rohul Riau
Negeri Seribu Suluk,-Musyawarah Pertanggung Jawaban Desa yang di laksanakan di Desa Sialang Rindang,Rabu(27/1/2020), kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu berjalan lancar dan aman.Dalam kesempatan tersebut kepala Desa Sialang Rindang Putro Warsono S.Agr menegaskan, pihaknya tetap mengedepankan ketransparansi keuangan di BUMDesa, agar masyarakat mengetahui kondisi keuangan termasuk program-program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dijelaskan, beberapa jenis usaha yang berkembang melalui BUMDesa yakni, usaha kampung resto lele, usaha keripik singkong berbahan ubi, usaha ternak lele, usaha simpan pinjam, dan usaha jasa BRI LINK.

“Kondisi keuangan BUMDesa tutup buku tahunan, sampai tertanggal 31 Desember 2020 menghasilkan SHU Rp 177.149,200,000 (seratus tujuh puluh tujuh juta seratus empat puluh sembilan ribu dua ratus rupiah). Untuk itu dapat pades sebesar Rp 17.714.920,”kata Putro dalam rapat.

Dikatakannya lagi masyarakat sangat menaruh kepercayaan kepada BUMDesa Usaha Bersama terhadap simpanan masyarakat sangat tinggi ini karena ketransparanan, sudah menggunakan sistem digital seperti Perbankan sehingga masyarakat menyimpan uang nya disini.

“Uang yang disimpan kami gulirkan lagi kepada masyarakat yang membutuhkan terutama yang memiliki usaha untuk menambah permodalan,”ungkap nya.

Ditambahkan Putro, saat ini bumdesa usaha bersama mengalami kendala dalam simpan pinjam tentu terhadap suku bunga yang belum bisa kita menyaingi dari pada perbankan.

“Sebab Perbankan dapat subsidi dari pemerintah maka oleh karena itu di MPTB ini kita sepakati bersama terhadap penurunan suku bunga yang meminjam diatas Rp25 juta kita samakan dengan pinjaman maksimal Rp25 juta. Mudah-mudahan dengan penuh dengan suku bunga ini dapat menarik masyarakat untuk meminjam di BUMDesa,”tutupnya.(rat).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "MPTB di Desa Sialang Rindang Berjalan Lancar dan Sukses"