Mobil Pintar Kodim Bojonegoro, Jadi Idola Pelajar di Tondomulo

Ojenews.com Bojonegoro,-Antusias puluhan siswa-siswi SD Negeri Tondomulo II, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, Jawa Timur, terlihat saat mereka menyambut kehadiran kendaraan pintar milik Kodim 0813 Bojonegoro ‘Si Mokos’ memasuki halaman sekolah mereka.

Tak hanya menyambut, mereka juga mendekatkan diri berebut buku-buku bacaan yang dibawa oleh mobil beroda tiga dengan ciri khasnya warna hijau TNI, untuk jadi sarana membaca.

Sugianto,S.Pd Kepala Sekolah SDN Tondomulo II mengungkapkan bahwa antusiasme peserta didiknya tersebut, diperlihatkan menyambut Si Mokos dengan tak hentinya menyanyikan lagu-lagu kebangsaan hingga mobil memasuki halaman sekolah.

“Di era globalisasi seperti sekarang ini, memang dibutuhkan asupan pengetahuan selain dari yang diterima dari sekolah. Dan ini kita dapatkan melalui Si Mokos yang bertugas sebagai perpustakaan keliling,” ujarnya, Jum’at (02/8/2019).

Adanya Si Mokos ini tentu juga dapat meningkatkan minat membaca anak-anak, dimana saat ini rata-rata mereka sering menggunakan HP untuk mengakses internet ataupun bermain game online.

“Sangat riskan bila mereka menjadi korban berita hoax, maupun konten-konten negatif yang dapat merusak pola pikir serta perilakunya. Hal ini bisa berdampak pada menurunnya semangat dan prestasi siswa di sekolah,” tambahnya.

Menurutnya, keberadaan Si Mokos Kodim 0813 Bojonegoro ini menjadi warna baru dalam dunia pendidikan. Sehingga, dapat dikatakan sebagai support mengedukasi para siswa-siswi.

“Pihak sekolah, menyampaikan banyak terima kasih kepada jajaran TNI Kodim 0813 Bojonegoro. Yang pada kesempatannya melaksanakan tugas program TMMD di Desa Tondomulo,” tandas Sugianto, S.Pd.

Sementara itu, Danramil Kedungadem Kapten Inf Paryanto mengatakan Si Mokos atau Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial merupakan rangkaian kegiatan untuk menunjang pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 yang berlangsung di Desa Tondomulo.Dan Si Mokos ini merupakan program Serbuan Teritorial dari Kodam V Brawijaya, yang bertujuan untuk membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, yang dimulai dari tingkat sekolah dasar dan khususnya bagi lembaga-lembaga pendidikan yang berada diwilayah terpencil atau pedesaan.

“Semoga buku-buku bacaan yang dibawa Si Mokos ini bisa menjadikan semangat gemar membaca siswa-siswi SD Negeri 2 Tondomulo. Sehingga dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan anak-anak tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas dan berprestasi,” pungkasnya.(arditya/oje).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mobil Pintar Kodim Bojonegoro, Jadi Idola Pelajar di Tondomulo"