Menpar Kenalkan Bakar Tongkang Lewat “Riau Menyapa Dunia”

Menpan di acara Riau Menyapa Dunia

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Setelah melaunching Semarang Great Sale (Semargres) 2017, kali ini Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengenalkan event berikutnya yang bertajuk Riau “Menyapa Dunia 2017”. Salah satu dari tiga yang dilakukan Launching adalah Bakar Tongkang dari Kabupaten Rokan Hilir. Acara berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar RI di Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (16/3/2017) malam.

Dalam kesempatan itu juga hadir Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Bupati Rokan Hilir H Suytano serta sejumlah kepala daerah di Riau. Menpar memilih langsung tiga iven wisata Riau untuk dijadikan Kalender Wisata nasional dan malam itu juga diresmikan secara langsung

Tiga iven itu diantaranya, Ombak Bono di Pelalawan, Bakar Tongkang di Rokan Hilir dan Pacu Jalur di Taluk Kuantan,” kata  Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Rohil, H Ali Asfar S Sos Msi, Jumat (17/3).

Dikatakan Ali, tiga iven itu sengaja dipilih langsung oleh Kemenpar untuk dipromosikan. Pasalnya, tahun ini Kemenpar memang ingin mengorbitkan iven wisata di Bumi Lancang Kuning.

“Tema yang diangkat dalam launching ini tetap mengedepankan Riau The Homeland of Melayu, Riau Tanah Tumpah Darah Melayu,” kata Ali Asfar.

Apalagi dalam waktu dekat salah satu Iven yang akan digelar adalah Bakar Tongkang setelah sebelumnya Bekudo Bono di Kabupaten Pelelawan pekan lalu. Tentu saja Launching ini membuat semakian banyak yang tahu akan adanya acara besar di Rokan Hilir.

Untuk Festival Bekudo Bono, mengarungi gelombang Bono dengan menggunakan sampan kayu sudah  berlangsung di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan pada 13-16 Maret 2017. Sedangkan event Bakar Tongkang yang merupakan sebagai tradisi masyarakat Tionghoa memuja dewa langit yang berlangsung di Kabupapten Rokan Hilir pada 10-11 Juni 2017. Lalu, untuk event Pacu Jalur akan berlangsung pada 23-26 Agustus 2017 di Kabupaten Kuantan Singingi (kuansing).

Dalam acara tersebut juga dipamerkan Bazar makanan Khas Kabupaten Rokan Hilir. Adapuan yang dibawa pihak Disparpora Rohil diantaranya Kacang Pukul, Manisan Asam Kulubi, Dodol dan makanan khas Rohil lainnya.

“Alhmadulillah para pengunjung antusias untuk mampir ke Stand Bazar kita, ini salah satu langkah awal kita dalam mempromosikan makanan khas daerah di tingkat nasional,” kata Ali Asfar.

Penulis  : jum/auz.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Menpar Kenalkan Bakar Tongkang Lewat “Riau Menyapa Dunia”"