Mengenal Sosok Dekan FKIP UNRI dan Strategi Kesuksesannya

Ojenews.com Pekanbaru Riau.
Negeri Smart City Madani,-Mahdum Muhammad Adanan, Ph.D., M.Pd,Drs,adalah Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.Sebelum menjabat sebagai Dekan,Mahdum pernah menjadi Anggota Senat FKIP pada tahun 2003-2007: 2011-2015: 2015-2019, Ketua Labor Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2007-2011, Anggota Senat UNRI 2017-2019, Sekretaris Sertifikat Guru pada tahun 2010-2015, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni pada tahun 2012-2015, Wakil Dekan III FKIP UNRI 2015-2019.

Pria kelahiran Batu Panjang, 12 November 1960 itu, merupakan anak ke 9 dari 11 orang bersaudara. Lahir dari seorang ayah Muhammad Adanan (Alm) dan ibu Maryam (Almh). Menikah dengan Hadriana, Ph.D., M.Pd.,Dra., dan dikaruniai 3 orang anak.

Mahdum merupakan sosok yang selalu mempunyai strategi untuk mencapai kesuksesan, dan baginya tidak ada jalan jika tidak mempunyai strategi dalam hidup.Tak heran semasa pendidikan, beliau sering mendapatkan prestasi dan beasiswa.

Tak hanya itu, ia juga mendapatkan predikat Cumlaude pada program Magister bidang ilmu Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang tahun 2008 dan memperoleh Sertifikat Lulus Terbaik pada program Doktor Falsafah Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia tahun 2014 bidang Ilmu Sumber dan Teknologi Maklumat (Teknologi Pendidikan).

“Dalam dunia perkuliahan kita harus menerapkan 5S 1T untuk mencapai kesuksesan , yang dimana 5S itu yaitu Struktur, Sistem, Strategi, Skill, Speed dan 1T yaitu, Target,”ujar Mahdum,Jumat (20/12/19).

Mahdum memberikan tips bagaimana sikap menghadapi tantangan untuk meraih kesuksesan,”yang pertama itu kita harus rendah hati atau bisa juga disebut saai ini yaitu humble, kemudian harus berpandangan luas, jadi kita tidak hanya memandang dari satu sisi saja, lalu Net Working, Skill komunikasi, Profesionalis, profesional dalam menghadapi apa saja dan yang terakhir yaitu jangan ada deskriminasi,” ungkap Mahdum.

Sebagai Dekan FKIP beliau akan selalu membenahi sarana dan prasana mulai dari tata kelola seperti dosen, kepegawaian dan juga sumber daya manusianya. Beliau juga membuat slogan dari kata “TEACHERS” yaitu, Transformation, Empathy, Adaptation, Curiosity, Honesty, Excellent, Rightness, dan Spirit.

Ia juga berpesan kepada para Mahasiswa bahwa “jangan pernah berhenti belajar, bukan hanya dari satu bidang tapi dari segala bidang yang harus kita pelajari dan harus bisa mengambil angle atau sudut pandang seperti mencari dan melihat dari berbagai sumber,”.(jph).

BIODATA PENULIS

Nama : Julia Parlina Hutabarat

Tempat Tanggal Lahir : Selatpanjang, 20 November 1999

Status : Mahasiswi Universitas Riau

Fakultas/Prodi : Jurnalistik Ilmu Komunikasi

 

 

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mengenal Sosok Dekan FKIP UNRI dan Strategi Kesuksesannya"