Menelisik MI UWAYS ALQORNI Sekolah Ramah Anak Tingkat Nasional Tahun 2019

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Smart City Madani,-Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak.Sekolah Ramah Anak juga sekolah/madrasah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki.

Saat ini,sekolah tidak hanya menjadi tempat belajar bagi anak-anak tetapi juga menjadi rumah kedua bagi mereka,Karena itu, diperlukan sekolah yang tak hanya ramah secara fisik tetapi juga ramah bagi mental dan hati para siswa.

Kondisi ini akan kita temui ketika kita melangkahkan kaki kesebuah sekolah yang bernama MI UWAYS ALQORNI. Sekolah yang beralamatkan di Jalan Rela Jaya Nomor 1 Fajar Ujung Kelurahan Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru ini, merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang telah meraih predikat Sekolah Ramah Anak (SRA) tingkat Nasional Tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI.

Kesan pertama yang didapati disekolah tersebut adalah bersih, mata kita tidak akan ada menemukan dedaunan pohon pelindung yang rindang jatuh bertaburan ditanah dan mata kita juga tidak akan ada menemukan bungkus permen atau cemilan lainnya yang mengotori lantai dan halaman karen memang tidak dijual di skolah ini.

Selain dari kesan bersih, sekolah MI UWAYS ALQORNI juga menata lingkungan sekolah yang tertip dan rapi.Kondisi sangat terlihat jelas ketika kita memarkirkan kendaraan ditempat yang telah disediakan.Kita akan melihat kendaraan yang diparkir tersusun rapi. Pada dasarnya disekolah MI UWAYS ALQORNI ini segala sesuatu itu ditempatkan pada tempatnya.

Keamana juga menjadi suatu hal yang paling prinsip bagi MI UWAYS ALQORNI.Dengan pagar yang tertutup rapi dan tenaga keamanan yang selalui siaga mengawasi lingkungan sekolah akan ditemui ketika kita berkunjung kesekolah tersebut. Kita disambut dengan ramah dan kita akan mendapatkan pelayanan informasi yang jelas dan tepat.

Deretan rak rak sepatu dan sandal berjejer dikoridor yang terlihat rapi dan bersih, masing masing anak memiliki loker dengan nama masing masing.Anak tidak boleh membuka dan mengambil yang bukian haknya. Prinsip prinsip kedisiplinan telahi ditanamkan di MI UWAYS ALQORNI ini.

Sehubungan dengan perihal tersebut, Umi Ilva Rahmadani,M.Pd yang juga sebagai narasumber SRA Provinsi Riau saat ditemui di ruangkerjanya Kantor MI UWAYS ALQORNI menjelaskan bahwa aspek Penyelenggaraan Sekolah Ramah Anak (SRA) sekolah harus menciptakan suasana yang konduksif agar anak merasa nyaman dan dapat mengekspresikan potensinya. Agar suasana konduksif tersebut tercipta, maka ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, terutama program sekolah yang sesuai dengan SRA, lingkungan sekolah yang mendukung dan aspek sarana-prasarana yang memadai.

Dikatakan Umi Ilva, bahwa program sekolah harus disesuaikan dengan dunia anak, artinya program disesuaikan dengan tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak.Anak tidak harus dipaksakan melakukan sesuatu tetapi dengan program tersebut anak secara otomatis terdorong untuk mengeksplorasi dirinya.Faktor penting yang perlu diperhatikan sekolah adalah partisipasi aktif anak terhadap kegiatan yang diprogramkan.Partisipasi yang tumbuh karena sesuai dengan kebutuhan anak.

“Pada dasarnya, anak anak bermain dan diperkenalkan dengan permainan permainan rakya ini sebagai bentuk dan miniatur masyarakat disekolah. Nilai-nilai yang ada di masyarakat juga ada di dalam permainan atau aktivitas bermain anak anak disekolah.Jika suasana ini dapat tercipta di sekolah, maka sekolah sangat kondusif untuk menumbuh-kembangkan potensi anak, karena anak dapat mengekspresikan dirinya secara leluasa sesuai dengan dunianya,”kata Umi Ilva.

Ditambahkan Umi Ilva, dengan menanamkan dasar dasar kejujuran dan disiplin yang tinggi maka anak akantumbuh menjadi generasi yang berkarakter,dan kedepan bangsa ini akan memiliki generasi yang mempunyai dayasaing serta agamais.Semuanya itu dimualai dari jenjang pendidikan terrendah,”sebut Umi Ilva.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Menelisik MI UWAYS ALQORNI Sekolah Ramah Anak Tingkat Nasional Tahun 2019"