Menciptakan Kesejahteraan Melalui Pendidikan

Tidak ada komentar 198 views

Penulis:Eripudin, S.Hum., M.Pd Dekan FKIP UPP Rokan Hulu.

Pendidikan merupakan salah satu langkah strategis untuk mewujudkan kesejahteraan. Pendidikan itu diibaratkan investasi yag harus dilakukan dan dikelola dengan baik. Pembangunan dan pengembangan bidang lain tanpa fondasi pendidikan yang kokoh tidak akan pernah bertahan lama dan tidak akan mampu mewujudkan kesejahteraan.
Untuk mewujudkan pembangunan tersebut, pemerintah wajib memperhatikan sektor pendidikan. Untuk membangun pendidikan, peran guru sangat penting. Kemajuan teknologi informasi tidak akan mampu menggantikan sosok guru di depan kelas. Kedekatan emosional antara guru dan siswa tidak bisa digantikan oleh alat atau sarana pendidikan lainnya.
Faktor lain yang tidak dikesampingkan adalah pola interaksi dua arah yang mampu membangun karakter siswa.
Seluruh daerah di Indonesia masih harus mengupayakan kemajuan sektor pendidikan tidak terkecuali Kabupaten Rokan Hulu. Salah satu terobosan tersebut adalah dengan meningkatkan kesejahteraan guru, terutama guru honorer.
Dari beberapa hasil survei dan interview menunjukkan Gaji yang mereka terima masih terlalu kecil,sehingga memaksa mereka untuk bekerja disektor lain yang membuat mereka tidak fokus sebagai tenaga pendidik di sekolah.
Menindak lanjuti permasalahan kesejahteraan tentunya harus ada aturan yang yang lebih menekankan kepada kesejahteraan guru, terutama guru honorer. Penetapan standar minimal gaji honorer dapat dilakukan agar guru tidak mencari pekerjaan lain atau menjadikan guru bisa fokus terhadap pekerjaan yang dilakukannya.
Perrhatian terhadap sektor pendidikan mutlak diperlukan oleh pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Menciptakan Kesejahteraan Melalui Pendidikan"