Manfaatkan Momen TMMD, Dinkop Dan UKM Bojonegoro Berikan Pelatihan Kewirausahaan Warga Tondomulo

Ojenews.com Bojonegoro,-Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Terlebih bagi masyarakat di level bawah atau pedesaan.

Hadirnya para pelaku UMKM ini tidak dapat dipandang remeh, karena dengan kegiatan ini secara signifikan mampu meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil dan juga sebagai sarana dalam mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan.

Begitu pentingnya arti UMKM, maka dalam momentum TMMD ke 105 tahun 2019, Kodim 0813 Bojonegoro menggandeng Dinas Koperasi dan UKM Bojonegoro memberikan pelatihan bertajuk “Pengembangan kewirausahaan bagi UMKM melalui pelatihan pembuatan roti berbahan dasar singkong dan stik talas” di rumah Kepala Desa Tondomulo, Selasa (16/07/2019).

Kabid usaha UMKM Bojonegoro, Rully Yudhiehernani,SE,MM,dalam sambutannya mengatakan bahwa perindustrian skala kecil berbasis sumber daya alam kini semakin menggeliat di Kabupaten Bojonegoro. Hal ini ditandai dengan berbagai macam hasil olahan industri rumah tangga yang dapat ditemukan diberbagai toko khas oleh-oleh di Bojonegoro dan ini merupakan sebuah prospek cerah bagi usaha kerakyatan.

“Desa Tondomulo Kecamatan Kedungadem ini memiliki potensi sumber daya alam yang baik dalam mendukung tumbuhkembangnya UMKM. Diharapkan, dengan adanya pelatihan industri kecil ini mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan oleh mentor pelatihan dari Dinas Koperasi dan UKM, Kristianingsih, SE., yang turut memotivasi 40 peserta dari ibu-ibu PKK Desa Tondomulo, agar dapat berinovasi dengan berbagai macam bahan baku yang tersedia di desa setempat.

“Kali ini kita berikan pelatihan membuat roti dan kerupuk dari singkong, dan stik talas. Namun, dari bahan dasar tersebut kita juga dapat membuat berbagai macam hasil olahan dan tentunya memiliki nilai jual yang dapat membantu meningkatkan perekonomian rakyat kecil pedesaan,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Tondomulo,Yanto, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak Kodim Bojonegoro serta Dinas Koperasi dan UKM Bojonegoro yang dalam event TMMD ini memberikan sosialisasi dan pelatihan bagi industri kecil dan menengah.

“Hal ini dapat memotivasi warga untuk meningkatkan taraf kesejahteraan, serta perekonomian keluarga,” pungkasnya.(rls/oje).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Manfaatkan Momen TMMD, Dinkop Dan UKM Bojonegoro Berikan Pelatihan Kewirausahaan Warga Tondomulo"