Maknai Hari Raya Idul Adha, SMA Negeri 4 Tanamkan Nilai Religi Pada Siswanya

Ojenews.com Pekanbaru Riau.
Negeri Smart City Madani-Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1439 H yang bertepatan pada hari Rabu, 22 Agustus 2018, SMA Negeri 4 Pekanbaru selenggarakan penyembelihan enam ekor sapi hewan qurban. Pemotongan sapi itu dilaksanakan di areal pekarangan sekolah pada hari, Kamis (23/08/2018) pagi.

Dalam keterangannya,Kepala SMA Negeri 4 Pekanbaru, Hj.Yan Khoriana,MPd mengatakan, giat penyembelihan hewan qurban di SMA Negeri 4 Pekanbaru merupakan telah menjadi agenda tahunan. Untuk tahun ini pihak sekolah menyembelih 6 ekor Sapi qurban dengan peserta guru dan walimurid SMA Negeri 4.

“6 ekor Sapi kurban ini pesertanya terdiri dari para guru dan orang tua murid, kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan warga SMA Negeri 4. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan dan juga untuk memupuk rasa empati, silaturrahim, serta meningkatkan kepedulian antar sesama,”papar Hj.Yan Khoriana.

Khoriana menambahkan, kegiatan pemberian hewan kurban kepada masyarakat ini sebagai bentuk kepedulian SMAN 4 Pekanbaru terhadap masyarakat sekitar. “Saya sangat mendukung sekali dengan kegiatan seperti ini, semoga kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan juga warga SMAN 4 Pekanbaru,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikannya, ibadah qurban adalah bagian dari pendididikan karakter yang sedang dibudayakan di SMAN 4 Pekanbaru. Pendidikan karakter adalah bagian dari upaya untuk mendekatkan dan menangkap nilai-nilai yang baik dari ajaran berkurban, serta merupakan instrument untuk menangkap nilai luhur dari qurban.

“Melalui pelaksanaan pemotongan hewan kurban disekolah ini, dapat memberikan pelajar kepada para siswa betapa pentingnya melakukan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam.Selain itu juga dapat memaknai hari lebaran Idul Adha yang biasa disebut masyarakat dengan hari raya kurban ini dapat meningkatkan kepedulian sosial siswa terhadap sesama,”harapnya.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Maknai Hari Raya Idul Adha, SMA Negeri 4 Tanamkan Nilai Religi Pada Siswanya"