Mahasiswa Pertanian UNIKS, Kunjungi Agrowisata Beken

Tidak ada komentar 204 views

Ojenews.com Kuansing Riau.
Bosatu Nogori Maju,-Himpunan Mahasiswa Agronomi (Himagro) Universitas Islam Kuantan Singingi ( UNIKS ) lakukan kunjungan ke-Agrowisata Beken di Desa Benai Kecil Kecamatan Benai,Selasa(27/08/2019).

Dalam kunjungan itu Mahasiswa Pertanian tersebut sangat antusias dalam mempelajari dan tingginya rasa ingin tahu tentang bagaimana perkebunan tersebut dapat sukses sehingga mereka akan mempraktekkan di lingkungan Kampus, ini di sampaikan koordinator Himagrou Boby Hariansyah Purba yang didampingi sembilan rekan lainnya yang sama sama Dari Fakultas Pertanian UNIKS.

Sementara itu Kepala Desa Benai Kecil Irvan Maulana menyambut baik kedatangan Mahahasiswa tersebut dengan tujuan mempelajari pola tanam dan lain sebagainya, maka Irvan memberikan ruang kepaa mahasiswa untuk mempelajari serta mengunjungi Objek Agrowisata yang ada, serta melakukan panen bawang merah yang bertempat di lahan Almizon , salah satu lahan yang sedang panen saat ini.

Selanjutnya terkait lahan pertanian yang dimliki kelompok tani sebanyak 6 hektar yang telah dilakukan penggarapan dan penanaman yang berulang, dimana pada tahun 2017 Desa Benai masih statusnya Desa tertinggal.

“Dulu Desa Benai Kecil ini termasuk desa tertinggal, namun dengan adanya usaha tani ini yang telah terasa meningkatnya perekonomian masyarakat, maka Desa Benai kecil menjadi desa berkembang,” sebut Irvan.

Pada tahun 2019 ini ada beberapa jenis tanaman, bawang merah , labu madu, melon, kacang panjang, jagung manis, serta sejenis sayuran holti hultura, Agrowisata Ini yang di olah oleh kelompok tani
berjumlah sekitar 23 orang, di Desa Benai Kecil ini ada dua kelompok tani yaitu Bekan Jaya dan Cahaya Subur.

Dengan adanya kelompok tani yang telah berhasil Irvan berharap kepada kelompok tani dengan adanya bantuan dana desa supaya perekonomian masyarakat terangkat karna diakui memang modal pertanian itu cukup tinggi, sebut nya.

Dana desa yang dianggarkan untuk pemberdayaan pertanian sebanyak 153 juta, kemudian kepada mahasiswa kades berharap agar bisa di terapkan di Kampus dan di terapkan di masyarakat, tidak hanya serimonial dan hendaknya ada di fitback nya.

Ketua kelompok tani Beken Yunisman salah satu ketua yang berhasil dalam mempertahankan kerukunan dalam kelompok tani, hal tersebut Yunisman selalu melakukan pertemuan rutin dengan anggota kelompok, terbuka, tranfaran, serta saat ini ada beberapa varietas tanaman yaitu varietas labu kuboca, walluh dan labu madu dan lain sebagainya, harapan ketua kelompok tani masyarakat luas mengembangkan holtukultura jagan hanya sekedar wacana, dan laksanakan penanaman, dan dari penanaman makan tentunya akan ada panen dan menghasilkan. (neneng)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Mahasiswa Pertanian UNIKS, Kunjungi Agrowisata Beken"