Luar Biasa Hj.Rosmawaty,S.Pd.M.Si Sulap Pekarangan dan Karung Bekas Jadi Kebun Jagung Nanhijau

Ojenews.com Pekanbaru Riau.

Negeri Smart City Madani,-Peran pekarangan menjadi dominan fungsinya ketika Kita berbicara tentang lingkungan yang indah, sejuk dan asri. Ini dapat kita buktikan disalah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 40 Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Garuda Sakti Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru Riau.

Sekolah yang dikepalai oleh Hj.Rosmawaty,S.Pd.M.Si itu menyulap pekarangan sekolah yang tadinya tidak terpakai dan karung bekas menjadi kebun jagung kelas.

Tanaman jagung yang ditanam dalam wadah karung bekas 10 kiloan itu terlihat tumbuh subur dan terrawat. Masing masing kelas memiliki tanggung jawab terhadap kaplingan kebun.

Hamparan kebun jagung nan hijau itu berjenis jagung Hawai. Kaplingam kebun ditandai dengan warna pagar kebun,  pagar dengan warna merah merupakan kebun jagung milik Kelas IX  dan perawatan kebun dibawah tanggung jawab kelas terswbut. Pagar kebun berwarna kuning adalah milik kelas VIII dan tanggung jawab perawatan kebun adalah kelas VIII dan sementara pagar kebun jagung berwarna hijau adalah milik kelas VII dan tanggung jawab perawatan kebun adalah kelas VII.

Sehubungan dengan perihal Kebun jagung Kelas SMP Negeri 40 Pekan baru tersebut,  Hj.Rosmawaty,S.Pd.M.Si menjelaskan kepada www.ojenews.com, Senin (17/2/2020) di ruang kerjanya.

Dikatakan Hj.Rosmawaty, metode berkebun dengan memanfaatkan karung bekas sebagai media tanam memiliki berbagai manfaat diantaranya  menghindari pohon jagung dari gulma yang tumbuh disekitar batang, memudahkan untuk melakukan pemupukan, memberikan pengajaran kepada peserta didik untuk memanfaatkan bahan bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat dan mempermudah perawatan tanaman yang ditanam.

“Selain menambah hijaunya pekarangan sekolah kita juga mengajar anak anak untuk mencintai lingkungan dan bertanggungjawab terhadap amanah yang diembannya,”sebut Hj.Rosmawaty.

Dikatakan bahwa siswa juga dituntut untuk beradap tasi dengan alam dan melalu perkebunan kelas diharapkan para siswa SMP Negeri 40 dapat memetik banyak pengajaean darinya.

“Siswa tidak cukup hanya diberikan pelajaran akademis tapi siswa juga butuh menyatu dengan alam. Jadi kita berharap melalui kebu kelas ini dapat menjadikan siswa kita lebih akrab dengan alam dan akan tumbuh karakter kepedulian terhadap lingkungan, “tutup Hj.Rosmawati.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Luar Biasa Hj.Rosmawaty,S.Pd.M.Si Sulap Pekarangan dan Karung Bekas Jadi Kebun Jagung Nanhijau"