Literasi di Sekolah, Balai Bahasa Riau Tanamkan Jiwa Baca Pada Anak

20161104_091843

Pemandu cerita rakyat dari duta bahasa membimbing siswa dalam bercerita dengan menggunakan bahahsa Indonesia yang baik dan benar, dalam program literasi sekolah tajaan Balai Bahasa Riau, di SDN 36, jumat (4/11).

Ojenews.com, Pekanbaru, Riau-Program literasi bahasa dengan sasaran sekolah dasar, Balai Bahasa Riau bersama duta bahasa kunjungi SDN 36 (SD Teladan) Pekanbaru, jumat (4/11). Kedatangan di sekolah terebut untuk memberikan motivasi pada siswa agar giat, gigih dan semangat dalam membaca, terutama tentang hikayat dan cerita yang melegenda berasal dari Riau.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, melalui kepala Tata Usaha Balai Bahasa Riau, Zihamusholihin, mengatakan, kunjungan dalam program yang sudah disusun, kali ini mengunjungi SDN 36 Pekanbaru Kecamatan Lima Puluh.

Dukung program literasi bahasa bersama Duta bahasa, balai bahasa secara bersama-sama ke SDN 36 guna menyajikan cerita rakyat dari negeri sendiri.Kehadiran disambut gembira para siswa.

Mereka di berikan motivasi dan di sajikan cerita rakyat, kemudian meminta kembali pada siswa untuk menceritakan pada siswa.

“Sangat luar bisa, setelah siswa mendengarkan cerita lalu mereka menceritakan lagi secara baik dengan bahasanyanya sendiri namun tetap pada kontek berbahasa Indonesia, ungkapnya.

Ada misi dari menceritakan hikayat Rakyat pada siswa, agar mereka mengenal cerita Rakyat di tanah kelahirannya, kemudian menghayati serta menerapkan nilai luhur.Semua itu bermuara pada peningkatan semangan siswa untuk membaca.

“Lindungi hazanah sastra dan melestarikannya, maka dengan mengujungi sekolah dan membawa siswa untuk mendengarkan cerita rakyatlah sebagai langkah yang dapat di lakukan,” jelaskanya.

Kegiatan ini sangat bermanfaat, terlebih bagi siswa sekolah dasar, kerena mereka tunas bangsa. Dari itu, dimasukkanlah karakter baik lewat cerita yang disajikan pada siswa,” ungkapnya.

Disampaikannya, sekolah yang sudah di kunjungi dalam program literasi oleh Balai Bahasa ini, adalah Sekolah Al-Hidayah, SDN 184, , dan saat ini di SDN 36.

Kepala SD N 36 Pekanbaru H. Zulkarnaini, SPd. MM, jumat (4/11), mengatakan, sangat apresiasi dengan kegiatan yang ditaja Balai Bahasa di SD 36 ini, karena kegiatan begitu menunjang program sekolah.

Terutama dalam peningkatan budi pekerti disekolah melalui berbahasa. Berbahasa santun, baik dan sudah baku. Kedua, sekolah sedang digalakkan pogam literai sekolah.

Tujuanya meningkatkan SDM, dengan membaca diwajibkan disekolah. Melalui membaca SDM bisa lebih baik.

Selain itu, alam menunjang literasi disekolah, pihak sekolah sediakan bagi siswa poijok baca, pustaka, pojok baca di dalam kelas dan setiap siaswa wajib membaca.

Ditempat bermain juga ada pojok baca, supaya mereka terus dan terus membaca.

Dengan adanya literasi bahasa oleh balai bahasa, sangat nyambung kegiatan dengan program sekolah. Dan sekolah mimiliki 3 ribu judul buku. Buku tersebut dari berbagai tempat, bahkan satu siswa diwajibkan sumbang satu buku bacaan, jelasnya.

“Budaya membaca akan terus ditumuhkan, ketika sudah tumbuh maka bisa menjadi kebutuhan,” ungkapnya. (aa)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Literasi di Sekolah, Balai Bahasa Riau Tanamkan Jiwa Baca Pada Anak"