Laju Pertumbuhan Ekonomi Riau Sepanjang Tahun 2018 Berkisar Pada Angka 2,34 Persen

Kepala BPS Riau Aden Gultom dalam acara perss releasenya Rabu (6/2/2019)

Ojenews.com Pekanbaru Riau.
Negeri Smart City Madani-Badan Pusat Statistik (BPS) Riau dalam gelar perss releasenya bahwa laju pertumbuhan ekonomi Riau tahun 2018 sebesar 2,34 persen, angka ini melambat dibandingkan dengan angka pada tahun 2017 lalu sebesar 2,68, Rabu (6/2/2019) pagi.

Kondisi pertumbuhan ekonomi gelobal pada triwulan IV tahun 2018 ini melemah disebabkan oleh beberapa fator yang salah satunya terkait kebijakan negara Amerika yang menurunkan defisit perdagangannya. Sementara faktor yang lain dampak dari pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada triwulan IV berada pada angka 6,4 persen, dan angka ini merupakan titik terrendah selama 10 tahun terakhir.

Pertumbuhan ekonomi kedua negara besar Amerika dan Tiongkok ini sangat berdampak pada sejumlah negara termasuk salah satunya Indonesia. Provinsi Riau sebagai wilayah terbesar ke-5 di Indonesia dalam Produk Domistik Regional Bruto (PDRB) pertumbuhan ekonominya pada triwulan IV melemah dan hanya mampu tumbuh diangka 1,28 persen dibanding triwulan IV tahun 2017 lalu.

“Sepanjang tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Riau hanya tumbuh 2,68 persen sementara disepanjang tahun 2017 lalu mampu tumbuh sebesar 2,68 persen. Angka ini melambat dari tahun sebelumnya,”jelas Kepala BPS Riau, Aden Gultom.

Dalam keterangannya disebutkan pertumbuhan ekonomi Riau sangat dipengaruhi oleh beberapa sektor unggulan seperti sektor Pertambangan dan Penggalian, Industri Pengolahan dan sektor Pertanian. Namun tiga sektor unggulan ini tidak memberikan dampak yang sangat siknifikan dalam pertumbuhan ekonomi Riau pada Triwulan ke IV ini.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Laju Pertumbuhan Ekonomi Riau Sepanjang Tahun 2018 Berkisar Pada Angka 2,34 Persen"