Koperasi Harus Memberi Manfaat Pada Masyarakat

Tidak ada komentar 477 views
img-20161122-wa0008

Kadis Koperasi dan UKM Riau, Drs. H. Dahrius Husen, MM membuka kegiatan Peningkatan kapasitas Koperasi kecil menengah diklat perkoperasian angkatan pertama, selasa (22/11).

Ojenews.com, Pekanbaru, Riau-Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Riau, Drs. H. Dahrius Husin, MM membuka kegiatan peningkatan kapasitas Koperasi kecil menengah diklat perkoperasian angkatan pertama, selasa (22/11) di Ameera Hotel.

Dikatakan Dahrius, kapasitas perkoperasian di Provinsi Riau perlu terus ditingkatkan, dan yang tidak kalah penting penguatannya adalah para pengeraknya sebagai tenaga SDM.

Tanpa kualitas yang baik, maka tidak menutup kemungkinan koperasi yang dikelola tidak berjalan sebagaimana mestinya. Padahal tujuan koperasi itu sendiri mensejahterakan anggota serta melahirkan nilai manfaat bagi masyarakat.

Dikatakan Dahrius, sangat disadari bahwa kondisi sumber daya manusia (pengurus/pengelola) koperasi dirasa masih rendah, baik itu dari segi keterampilan, pengetahuan maupun teknis dan manajemen usahanya.

Sehingga peningkatan SDM harus dilakukan melalui Diklat yang terarah dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan, baik yang dilaksanakan di provinsi maupun di Kabupaten kota dengan mendatangkan tenaga profesional untuk melatih dan membimbing guna meningkatkan produktivitas bagi Koperasi.

Diklat yang diikuti peserta menjadi dasar dan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan koperasi itu sendiri, ungkap Dahrius.

Dijelaskan Dahrius, dari beberapa koperasi yang berkembang dan tumbuh, baik di Kota atau di Kabupaten masih belum terlihat adanya manfaat bagi masyarakat dan khususnya bagi anggota.

Untuk itu perlu mengembalikan fungsi koperasi agar berperan dalam memenuhi kebutuhan, serta mampu memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi.

“Koperasi seharusnya menjadi wadah bagi pengembangan usaha mikro dalam rangka peningkatan posisi tawarnya serta meningkatkan kualitas kelembagaannya sesuai jati dirinya,” kata Dahrius. (AA)

 

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Koperasi Harus Memberi Manfaat Pada Masyarakat"