Ketua MUI Pekanbaru Himbau Agar Masyarakat Tidak Panik dan Tetap Waspada Hadapi Musibah Virus Covid-19

Ketua MUI Pekanbaru Prof.DR.Ilyas Husti.Ma

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Smart Citi Madani,-Ketua MUI Pekanbaru Prof.DR.Ilyas Husti.Ma menghimbau masyarakat Kota Pekanbaru agar tetap waspada dan tidak panik menghadapi wabah virus Corono yang disebut Covid-19 yang sedang menerpa negeri Indonesia ini,Senin (16/3/2020).

Prof.Ilyas Husti menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi kepanikan dimasyarakat pihaknya (MUI) berpandangan bahwa ada dua pendekatan yang dilakukan yakni,pendekatan agama dan keyakinan dan yang kedua pendekatan sosial dan kultural.

Kalau pendekatan agama,jelas Prof.Ilyas Husti lebih jauh,bahwa kita sudah diingatkan oleh Allah Subahanallah Taala bahwa manusia ini setiap saat akan diuji dengan ujian yang bermacam macam yang diantaranya rasa ketakutan.Jadi dengan adanya peristiwa ini menimbulkan rasa ketakutan diseluruh lapisan masyarakat yang tidak kenal golongan apakah muda tua,semuanya sama.

“Peristiwa peristiwa ini dalam agama itu ada bentengnya, yang bertama adalah keyakinan kepada Allah bahwa semua apa yang terjadi ini didunia ini,itu berlaku atas kodratnya Allah Subahanallah Taala, yang penting kita waspada dan berusaha.Kita menghimbau kepada masyarakat supaya apa yang menimpa kita sekarang itu adalah ujian yang harus dihadapi dengan waspada berusaha mencarikan antisipasi agar peristiwa ini cepat berlalu,” himbau Ketua MUI Prof.Ilyas Husti.

Sterilisasi virus Covid-19 di masjid Paripurna Arahman Pekanbaru

Selain itu, Beliau juga menjelaskan pendekatan dari sosial dan kultural, dikatakan dari sisi pemerintahan bahwa kita harus bersyukur kepada pemerintah yang telah melakukan langkah cepat tanggap terhadap peristiwa ini, dan kendatipun ada sebahagian orang menilai pemerintah lamban dalam mengambil tindakan.

“Warga negara Indonesia ini dari Sabang sampai Meroke lebih dari 17 ribu pulau dan dengan jumlah masyarakat lebih kurang 270 juta itukan merupakan hal yang sangat komleks.Oleh karena itu apa yang dilaku oleh semua pihak itu merupakan tanggung jawab kita bersama, jadi tidak bisa kita limpahkan hanya kepada pemerintah atau pihak pihak terkait, maka saya mengajak. seluruh lapisan masyarakat, apakah itu masyarakat yang paling bawah melalui lembaga lembaga dan organisasi sama sama kita jadikan ini adalah tanggung jawab bersama dimana pemerintah sebagai motor dan kita sebagai penggerak mendukung gerakan dan kebijakan itu semua,”ajak Ketua MUI Pekanbaru Prof.DR.Ilyas Husti.Ma.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ketua MUI Pekanbaru Himbau Agar Masyarakat Tidak Panik dan Tetap Waspada Hadapi Musibah Virus Covid-19"