Ketua KPU Kuansing Ahdanan, Kualitas Demokrasi Kita Sudah Baik

Ojenews.com Kuansing Riau.
Taluk Kuantan Bosatu Nogori Maju-Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat Kabupaten Kuantan Singingi dinyatakan selesai, Minggu (5/5/2019).

Sidang yang digelar di Aula KPU Kuansing Jalan Limuno Timur No 49. Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah.Rapat Pleno Terbuka tingkat Kabupaten Kuantan Singingi sudah dimulai sejak tanggal 2 hingga 5 Mei 2019 yang diikuti 15 Kecamatan di Kabupaten Kuansing.

Banyaknya instruksi dari masing-masing saksi partai sempat menghambat pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kabupaten Kuansing.

Akibatnya sidang sempat di skors selama 5 menit karena bawaslu melakukan rapat terkait keberatan saksi di tingkat PPK Logas Tanah Darat (LTD) dari partai PDIP namun PPK Logas Tanah Darat sudah menjelaskan kronologis tersebut pada saat pleno di tingkat Kecamatan.

Menanggapi hal tersebut Ketua KPU Kuansing Ahdanan, kepada awak media menjelaskan, adanya intruksi masing-masing saksi merupakan hal biasa namun tidak akan berpengaruh terhadap pelaksanaan penghitungan rekapitulasi di tingkat Kabupaten Kuansing

Kualitas demokrasi kita semakin meningkat kesadaran saksi masing-masing caleg, partai ataupun presiden sudah sangat mengerti. Dinamika protes juga terjadi. Tapi dalam tingkat kewajaran” tambahnya.

Dirinya (Ahdanan) menambahkan rapat pleno ini hanya untuk melakukan rekapitulasi perolehan suara partai politik DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi,DPRD Kabupaten Kuansing serta Presiden dan wakil presiden RI

masing-masing Ketua dan Anggota Komisioner KPU mendapat giliran membacakan data perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten dapil I, II,III dan IV

Selesai rekap di tingkat Kabupaten, KPU Kuansing akan mengagendakan tanggal 7 Mei 2019 akan segera mungkin mengirim hasilnya berupa DB1 ke KPU Provinsi Riau”ungkap Ahdanan.

Secara khusus, ketua KPU Kuansing Ahdanan berterima kasih kepada aparat TNI/Polri yang telah membackup seluruh kegiatan kita di mulai dari tingkat TPS sampai ke tingkat KPU

Tidak lupa juga terima kasih banyak kepada pemerintah daerah yang telah membantu memfasilitasi berbagai kegiatan kita di Kuantan Singingi dalam rangka kelancaran pemilu serentak 2019.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kuansing Adi mengatakan, diakui memang ada beberapa protes terkait dengan selisih suara. Namun hal tersebut tidak signifikan merubah suara perolehan suara mulai dari caleg hingga presiden.

“Semuanya dilakukan dengan transparan. Memang banyak ada protes. Tapi tidak terlalu mengubah suara partai,” pungkasnya.(neneng)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ketua KPU Kuansing Ahdanan, Kualitas Demokrasi Kita Sudah Baik"