Kekurangan Blangko, Proses Cetak E-KTP Di Rohil Terkendala

 

disduk-capil

Kadisdukcapil Kabupaten Rokan Hilir Basarudin

Rokan Hilir.Riau.Ojenews.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau kesulitan mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) karena kekurangan blangko.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rohil Basarudin mengatakan Rokan Hilir mendapat jatah 16.000 blangko pembuatan e-KTP.

“Memang ada 2.000 blangko lagi yang tersisa, tapi dipinjam Pekanbaru, Kampar dan Indragiri Hilir, sehingga pembuatan E-KTP Rohil tersendat,” kata Basarudin, Sabtu (15/10) di Bagansiapiapi.

Dia merincikan, dari total 2.000 blangko yang dipinjam itu diantaranya Kota Pekanbaru sebanyak 1.000 blangko, Kampar 500 blangko dan Indragiri Hilir 500 blangko.
Rokan Hilir, kata dia, belum bisa mengajukan pengadaan blangko baru ke Kementerian Dalam Negeri karena masih ada tersisa 2.000 blangko yang masih dipinjamkan.
“Pekanbaru dan Kampar mau Pilkada, kasihan kalau tidak dikasi pinjam. Kemarin Rokan Hilir kebetulan tidak bisa mencetak e-KTP karena kehabisan tinta dan dapat pula meminjam tinta dengan Kampar,” ucapnya.
Ia menjelaskan masyarakat Rokan Hilir yang sudah memiliki e-KTP saat ini sebanyak 400.000 orang, sedangkan yang belum merekam e-KTP diperkirakan mencapai 10.000 lebih.
“Sampai saat ini sekitar seribu lebih daftar antrian pembuatan e-KTP baru. Kalau kita mau mengajukan blangko sekarang tak bisa, karena blangko Rohil masih ada dan dipinjam tiga kabupaten/kota itu. Kalau sudah habis baru bisa diajukan kembali,” tuturnya.
Meski begitu, kata dia Rokan Hilir terus melayani pembuatan KTP.
“Kemarin kami melakukan kegiatan perekaman dengan cara jemput bola terutama di daerah yang dikategorikan jauh dari kantor camat. Dengan sistem itu sebanyak 5.600 jiwa yang telah melakukan perekaman,” kata Basarudin. (ADV),jum/auz.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kekurangan Blangko, Proses Cetak E-KTP Di Rohil Terkendala"