Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Buka Acara Sosialisasi Tunjuk Ajar Adat dan Budaya 2019

Ojenews.com Kuansing Riau.
Taluk Kuantan Basatu Nagori Maju-Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan DR.Indra Suandy.ST.M.Si membuka secara resmi acara sosialisasi tunjuk ajar adat dan budaya Kuansing untuk para guru di lingkung Kabupaten Kuantan Singingi,Senin (29/4/19) di gedung Narosa Taluk Kuantan.

Acara sosialisasi tunjuk ajar tersebut di laksanakan 2 (dua) hari yang dimulai dari tanggal 29 hingga 30 April 2019. Peserta kegiatan terdiri dari para guru tingkat SD,SMP,SMA,SMK sebanyak 35 peserta.Dasar pelaksanaan kegiatan PERBUP NO.57 Tanggal 31 Desember 2018 dan Keputusan Kepala Dinas tentang penetapan Tunjuk Ajar Adat dan Budaya 2019 dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Kuansing Tahun 2019.

Dalam Kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DR.Indra Syandy.ST.M.Si mengatakan tunjuk ajar merupakan salah satu warisan kebudayaan Melayu, dan juga merupakan salah satu upaya mengantisipasi keadaan atas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi.

“Tunjuk ajar Melayu identik dengan islam seperti ungkapan, Adat Istiadat Bersandi Syarak dan Sarak Bersandi Kitabbullah. Ungkapan ini bermakna bahwa semua aspek-aspek kebudayaan yang di lakukan manusia dalam kehidupan haruslah berdasarkan pada ketentuan Allah S.W.T dan dapat di gunakan dalam masyarakat melayu Riau dapat terarah dengan baik,”papar Indra suandy.

Sejalan dengan salah satu tugas dan fungsi Dinad Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, pemerintah Kabupaten Kuansing terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan di bidang Pariwisata dan K”ebudayaan baik secara fisik maupun non fisik.

“Saya mengapresiasi terlaksananya acara sosialisasi Tunjuk Ajar Adat dan Budaya Kabupaten Kuansing ini. Bagi para guru nantinya dapat mensosialisasikan kembali kepada anak didik masing masing.Dari acara sosialisasi ini nantinya dapat memberikan pemahaman atas Tunjuk Ajar Adat dan Budaya Bagi yang membutuhkan dan mudah mudahan di masa yang akan datang dapat lebih di kembangkan lagi sehingga penerapannya akan lebih luas dan berjalan sesuai yang kita harapkan,”pungkas Indra Suandy.

Dalam kegiatan tersebut panitia menghadirkan narasumber diantaranya Datuk Mudo Bisai Bapak Suryawan S.Sos, Tuan Guru Syafrudin Saleh, Duta Budaya Kuantan Singingi Asnimar. Acara juga dihadiri oleh beberapa pejabat dinas terkait di lingkungan Pemkab Kuansing.(neneng).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Buka Acara Sosialisasi Tunjuk Ajar Adat dan Budaya 2019"