Jokowi-Makruf Amin Presiden dan Wakil Presiden RI Resmi Dilantik dan Diambil Sumpahnya

(foto net) Presiden dan Wakil Preside RI Jokowidodo-Makruf Amin

Ojenews.com Jakarta Indonesia,-Presiden Republik Indonesia (RI) terpilih masa bakti 2019-2024 Bapak Joko Widodo Presiden RI dan Bapak Makruf Amin Wakil Presiden RI  resmi dilantik dan diambil sumpahnya dalam sidang paripurna MPR RI pada agenda tunggal Pelantikan Presiden Republik Indonesia digedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Sidang Paripurna pelantikan yang dipimpin langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ini dihadiri oleh 16 pejabat dari berbagai negara, mulai kepala negara hingga utusan.Dalam acara tersebut juga hadiri Presiden RI ke-5 Ibu Megawati Soekarno Putri dan Presiden RI ke-6 Bapak Susilo Bambang Yudhoyono Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-11 Bapak Budiono dan juga turut hadir Bapak Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

“Bersatu Itu Indah,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengawali sidang.Selanjutnya pimpinan sidang menyebutkan bahwa rapat paripurna memenuhi syarat untuk dibuka.Selanjutnya diakatakan bahwa hari ini adalah hari yang membahagiakan bagi seluruh bangsa Indonesia, dimana Presiden terpilih Jokowi-Makruf Amin akan dilantik dan diambil sumpahnya.

Selanjutnya Ketua mengatakan bahwa Indonesia tumbuh menjadi negrara demokrasi ke-3 terbesar didunia yang telah sukses menyelenggarakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilepres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) secara serentak pada 17 April 2019 lalu.

Keberhasilan ini pulalah yang membawa para pemimpin negara sahabat dan utusan untuk menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan wakil Presiden RI terpilih masa bakti 2019-2014 Joko Widodo-Makruf Amin.

Para pemimpin negara sahabat dan utusan yang hadir diantaranya,sultan Brunei Darusalam,Mahater Muhammad Perdana Mentri Malaysia, Perdana Menteri Kamboja, Perdana Menteri Australia, Wakil Presiden Singapura, Wakil Presiden Vietnam, Perdana Menteri Tailan, Utusan Presiden Amerika serikat, Presiden Laos, utusan Presiden Filipina, Wapres Kore, utusan Presiden Emirat Arap, Presiden Suriname dan Makayama Koiro utusan Kaisar Jepang.

Diharapkan kehadiran para pemimpin dan utusan khusu negara negra tetangga dan sahabat tersebut dapat meningkatkan hubungan bilateral antar negara kedepannya,” kata Pimpinan sidang Bambang Soesatyo.

Selanjutnya, sebelum dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan, Presiden Joko widodo dan Wakil Presiden Makruf Amin melakukan pengucapan sumpah janjinya dihadapan para hadirin di acara tersebut.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jokowi-Makruf Amin Presiden dan Wakil Presiden RI Resmi Dilantik dan Diambil Sumpahnya"