Imigrasi Bagansiapiapi Optimalkan Pengawasan Orang Asing

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Negeri Seribu Kubah-Kantor Imigrasi Bagansiapiapi mengatakan kalau pihaknya telah melakukan rapat dengan melibatkan instansi terkait. Hal itu guna untuk mengoptimalkan pengawasan terhadap orang asing yang masuk ke negeri yang berjuluk seribu kubah.

Demikian dikatakan kepala Imigrasi Bagansiapiapi, Junaidi, Akhir pekan kemaren, di Bagansiapiapi. Ia mengatakan kalau rapat tersebut menghadirkan narasumber dari kepala Devisi Keimigrasian kantor wilayah Kemenkumham Riau yang diwakili oleh Rudi Nasrullah.

Adapun materi yang dibahas tentang tindak pidana perdagangan orang. Nah untuk itu pihaknya meminta kepada Timpora rohil untuk bersama-sama melakukan pencegahan, pengawasan untuk kepentingan bangsa dan negara, terutama untuk wilayah Rohil.

“Kita bersama-sama, baik itu perdagangan orang, ilegal fishing, ileggal loging, perdagangan orang maupun perdagangan narkoba,” jelasnya.

Tim pengawas orang asing, lanjutnya bertujuan untuk meminimalisir tindak perdagangan orang. “Sebenarnya itu bukan tanggup jawab kita saja namun merupakan tanggung jawab seluruh komponen, makanya kami mengajak kepada tim lebih baik mencegah, kepada masyarakat kita juga selalu menghimbau,” paparnya.

Pengawasan itu tambahnya memang sangat panting dilakukan untuk perlindungan terhadap masyarakat. “Jangan sampai itu terjadi di rohil, apakah itu orang indonesia maupun warga negara luar yang melakukan perdagangan orang,” katanya.

Untuk perdaganagan manusia katanya negara indonosia merupakan pendorong negara-negara asean untuk melindungi tentang migran legal seperti pencari suaka maupun tenaga kerja legal yang wajib di lindungi oleh seluruh komponen bangsa.

Rapat yang kita gelar pada Kamis (22/2/2018) tersebut di hadiri Kasi pengawasan dan penindakan keimigrasian kantor imigrasi Bagansiapiapi, Kasubsi penindakan Imigrasi, Kasubid penanganan konflik dan pengawasan orang asing Kesbangpol.

Selanjutnya Kasi Intel Kejari Rohil, Kasat Intelkam Polres Rohil, Kasat Pol Air Polres Rohil, Pasi Intel Kodim 0321 Rohil, Pasi Intelijen AL, Kasi penindakan dan Penyidikan PP bea dan cukai, Kemenag Rohil, BNK Rohil, BIN Rohil, Dispora, Disnaker, Disdukcapil, Diskes serta Sapol PP dan Perlindungan Masyarakat.Penulis: Jum.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Imigrasi Bagansiapiapi Optimalkan Pengawasan Orang Asing"