Harga Lebih Murah, Warga Rohil Banyak Beralih ke Cabai Kering

cabaiOjenews.com.Rokanhilir,Riau.

Akibat dari Erupsi gunung sinabung di provinsi Sumatra Utara (Sumut) membuat harga Cabai Merah di sejumlah daerah yang ada di wilayah Provinsi Riau melambung tinggi. Akibatnya, sejumlah daerah terpaksa meminta pasokan Cabai merah dari Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara di provinsi itu juga telah kewalahan untuk memenuhi kebutuhan Cabai merah dari berbagai daerah lainnya.

“Kalau mengenai harga Cabai merah yang melambung tinggi itu bukan hanya terjadi di kabupaten Rohil saja, akan tetapi di seluruh kabupaten/kota yang ada di Riau. Karena selama ini untuk kebutuhan Cabai masih dipasokkan dari Medan, Provinsi Sumut. Akibatnya, masyarakat kita saat ini banyak yang beralih ke Cabai merah kering karena harganya lebih murah dan terjangkau,” Kata Kadis perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Rohil, H Syafruddin HS, Rabu (9/11/2016) di ruang kerjanya.

Untuk kebutuhan Cabai merah di kabupaten rokan hilir saat ini masih terpenuhi walaupun harganya masih cukup mahal di pasaran. Hal ini dikarenakan kita memanfaatkan Cabai merah lokal dari kecamatan Pujud. Dimana Cabai merah lokal pedasnya memiliki kualitas yang sama dengan Cabai yang berasal dari propinsi Sumut.

“Alhamdulillah kebutuhan Cabai merah di kabupaten Rohil saat ini masih terpenuhi walaupun harganya cukup mahal,” Kata Syafruddin.

Ia juga menghimbau kepada para petani untuk tidak terpatok dengan tanaman sawit saja, akan tetapi juga harus memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami Cabai, salah satunya kecamatan pujud. Dimana kecamatan itu selain masih memiliki lahan yang cukup luas juga potensi lahannya sangat cocok ditanami Cabai.

“Untuk itu masyarakat janganlah alergi dengan Cabai lokal, karena kualitasnya pedasnya masih sama dengan Cabai yang berasal dari daerah lain,” Ujarnya.

Mantan Kabag keuangan Setdakab Rohil ini juga meminta Dinas pertanian dan peternakan (Distanak) Rohil untuk menggalakkan tanaman Cabai dinegeri seribu kubah dengan memberikan pembinaan kepada para petani.

“Para petani itu harus dibina dengan memberikan berbagai bibit Cabai dan pupuk agar kedepannya kebutuhan Cabai dinegeri ini bisa terpenuhi tanpa harus meminta pasokan dari daerah lain,” pungkasnya.

PenulisĀ  :jum/auz.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Harga Lebih Murah, Warga Rohil Banyak Beralih ke Cabai Kering"