H.Zulkarnaini:Tiga langkah Untuk Mencapai Pembelajaran Daring Maksimal di SDN 36

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Smart City Madani,-Kebijakan ” Belajar dari Rumah” yang diambil Kemendikbud sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 sudah memasuki bulan keempat dan seluruh pemerintah daerah melalui dinas terkait telah menerapkan kebijakan belajar dirumah sebagai bentuk memprioritaskan keselamatan peserta didik.

Salah satu SD Negeri dikota Pekanbaru Riau yakni SD Negeri 36 yang beralamatkan di jalan Hangtuah Kecamatan Sail Kota Pekanbaru memaksimalkan pembelajaran daring dengan tiga langkah.

Bagaimana proses KBM daring? Adapun langkah-langkah pembelajaran daring: Pertama, semua guru harus bisa mengajar jarak jauh dengan menggunakan teknologi. Pembelajaran online tidak hanya memindah proses tatap muka menggunakan aplikasi digital, dengan disertai tugas-tugas yang. Kedua, Pembelajaran harus lebih banyak berinovasi dan mencari terobosan pembelajaran di masa darurat seperti Covid-19 saat ini. Ketiga, guru harus punya perlengkapan pembelajaran online.Peralatan TIK minimal yang harus dimiliki guru adalah alat pendukung video conference, seperti: laptop, smartphone dan perangkat untuk koneksi ke internet.

Selain itu guru harus membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi.Di SD Negeri 36 Pekanbaru ini kegiatan Belajar Daring dilakukan secara sederhana.Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan daring. Khusus untuk siswa Kelas 1 dalam belajar daring hendaknya didampingi oleh orang tua.

“Untuk siswa kelas 1 mulai diterima sebagai murid disekolah ini kita sudah data nomor kontak orang tua siswa masing masing, ini bertujuan untuk memudahkan melakukan komunikasi.Siswa kelas 1 ini harus mendapatkan bimbingan yang inten karena tidak semua siswa kelas 1 ini yang sudah lulus Sekolah Taman kanak kanak dan tidak semuanya juga yang sudah bisa membaca dan menulis. Bimbingan sangat diperlukan agar PBM kita dapat tercapai,”kata H.zulkarnaini.

Disebutkan juga upaya memaksimalisasi program belajar secara daring disekolahnya juga didukung dengan menganggarkan uang paket internet untuk guru sebesar Rp.100.000,- setiap bulan dan dananya bersumber dari dana BOS.

“Sekolah kita ini terdapat 50 orang guru dan untuk setiap bulan kita bantu uang paket internet 100.Bantuan ini kita ambil dari dana BOS dan ini cukup membantu bagi para guru guru kita terlebih bagi guru honorer,”sebut Zulkarnaini.

Tahun ajaran 2020-2021 ini SD Negeri 36 Pekanbaru memiliki daya tampung siswa kelas 1 sebanyak 144 siswa yang dibagi dalam 5 rombongan belajar.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "H.Zulkarnaini:Tiga langkah Untuk Mencapai Pembelajaran Daring Maksimal di SDN 36"