Gubri Arsyadjuliandi Rachman: Bunda PAUD Punya Peran Penting Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak

Gubri

Pekanbaru.Riau.Ojenews.com.
Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman melantik Bunda PAUD kabupaten/kota yang terdiri dari istri Walikota dan Bupati.
Diharapkan Bunda PAUD ini bisa jadi sosok central didaerah masing-masing dalam pengembangan PAUD.

Peran Bunda PAUD sangat dibutuhkan untuk peningkatan kreatifitas anak dan tingkat pemahamannya dengan pendidikan. Supaya bisa membentuk Sumber Daya Manusia yang handal dan berkarakter, sebut Gubri dalam sambutannya.

Dijelaskan Arsyadjuliandi, bahwa perkembangan PAUD di Riau sangat bagus. Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD sekarang sekitar 79,74
persen atau diatas nilai APK rata-rata nasional 72,00 persen. Sedangkan perkembangan PAUD sudah sekitar 81,7 persen atau keberadaan
PAUD sudah hampir satu disetiap desa.

“Saya mengucapkan selamat atas pelantikan Bunda PAUD kabupaten/kota. Saya berharap Bunda PAUD bisa menjalankan tugas pokok dan fungsinya untuk mengembangkan PAUD didaerah masing masing. Sementara dorongan provinsi dan kabupaen/kota sangat dibutuhkan untuk pengembangan PAUD di Riau,” kata Arsyadjuliandi, di Pekanbaru, Selasa (30/8).

Dirjen PAUD Kemendikbud RI yang hadir dalam pelantikan Bunda PAUD se-Riau, H.Harris Iskandar Phd menjelaskan, bahwa PAUD merupakan pendidikan strategis. Pengelolaan PAUD adalah pekerjaan yang mulia dan tidak bisa terpaksa. Karena tenaga pendidik berhubungan dengan anak anak yang berusia dini.

Selain itu usia PAUD yaitu berkisar antara 2 tahun sampai 8 tahun. Umur ini merupakan masa-masa yang sangat kritis. Dimana pengelola
pendidikan harus bisa menciptakan SMD dari dini. Sehingga bisa membentuk karakter anak bangsa yang beretika dan cerdas kedepan.

“Peningkatan APK PAUD Provinsi Riau sangat luar biasa. Jadi terus ingkatkan pengembangan PAUD dengan baik. Karena kedepan PAUD akan dijadikan pilar perndidikan garda terdepan,” kata Harris.

Sementara Bunda PAUD Provinsi Riau Sisilia Arsyadjuliandi mengatakanĀ  Bunda PAUD provinsi akan sering berkoordinasi dengan Bunda PAUD kabupaten/kota. Supaya bisa menjalankan program PAUD yang berkualitas sampai kepedesaan.

“Kepada pengelola PAUD, bahwa pekerjaannya adalah pekerjaan mulia. Jadi pengelola harus bisa meningkatkan pelayanan yang baik terhadap anak. Agar kualitas dan pemahaman anak bisa berkualitas,” kata Silsilia.

Sedangkan Kadisdikbud Riau, Kamsol selaku penyelenggara kegiatan Gebyar PAUD dan Pembentukkan Bunda PAUD menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menggugah masyarakat agar memiliki kepedulian terhadap perkembangan anak melalui Program Anak Usia Dini. Serta mengasah kreaifitas anak untuk bisa diampilkan kepada publik.

Dengan membangun jaringan tingkat pusat dan daerah, sehingga bisa meningkatkan kualitas anak PAUD di Riau. Makanya DisdikbudĀ  berusaha menggalakkan kemampuan anak maupun bunda PAUD dengan melaksanakan kegiatan Gebyar PAUD tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Melalui kegiatan Gebyar Paud dan pembentukkan Bunda PAUS tingkat Provinsi Riau Tahun 2016 dapat menghasilkan siswa-siswi berprestasi di Provinsi Riau. Dan dapat meningkatkan kapasitas diri para generasi muda sehingga mereka tumbuh menjadi generasi tangguh, cerdas, mandiri dan kreatif,” kata Kamsol.(idr)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Gubri Arsyadjuliandi Rachman: Bunda PAUD Punya Peran Penting Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak"