Gallery Paripurna Penyampaian Hasil Pembahasan 4 Ranperda DPRD Rokan Hulu

Ojenews.com-DPRD Kabupaten Rokan Hulu,  menggelar Paripurna dengan agenda Penyampaian Hasil Pembahasan 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), yakni :  Ranperda Kabupaten Rokan Hulu berjulukan Negeri Seribu Suluk, Ranperda Revisi UU Nomor 3 Tahun 2011 tentang Retribusi jasa umum, Revisi Ranperda  Nomor  4 Tahun 2016 tentang pemilihan Kepala Desa serentak dan Ranperda pengelolaan barang milik daerah. Senin, 27 Maret 2018.
Paripurna ini dipimpin langsung ketua DPRD Rokan Hulu, Kelmi Amri, SH. Didampingi Wakil Ketua, Zulkarnain, S.Sos, dan Hardi Candra . Sedangkan Kepala Daerah Rokan Hulu, diwakili Sekda Kabupaten Rokan Hulu, Ir. Damri Harun.
Dalam pelaksanaan paripurna itu, juru bicara pansus julukan Negeri Seribu Suluk, Yulikah, S.E, menyampaikan bahwasanya pansus dalam menyelesaikan ranperda julukan Negeri Seribu Suluk sudah melakukan hearing dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu, Bappeda, Kesra dan Bagian Hukum Setda kabupaten Rokan Hulu. Kemudian melaksankan konsultasi ke Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan. Pansus
sejauh ini mendapati 2 contoh naskah akademik usulan ranperda julukan untuk kabupaten rokan hulu, yakni naskah Akademik yang Agamis dan naskah Akademik yang menggambarkan Rokan Hulu secara umum dan budaya masyarakat. Selain itu, nama julukan juga ditemui dua usulan, yakni : julukan Negeri Seribu Suluk, dan julukan Negeri Suluk Berpusaka Nan Hijau.
Untuk memutuskan nama julukan yang akan disematkan secara utuh bagi negeri ini, dan memutuskan naskah akademis mana yang dipakai, Pansus DPRD Rokan Hulu membutuhkan pertemuan dengan menghearing tokoh masyarakat, dan berkonsultasi ke-Menkumham Republik Indonesia. Sebab itu, dalam kesempatan paripurna tersebut pansus julukan Negeri Seribu Suluk, meminta perpanjangan waktu pembahasan.
Paripurna dilanjutkan dengan penyampaian hasil pembahasan pansus Revisi Ranperda Pilkades serentak tahun 2016, dengan juru bicara M.Aidi. Terhadap pembahasan Ranperda tersebut, pansus sudah melaksankan hearing dengan Satker terkait dan konsultasi ke DPMPD Provinsi Riau, dan bagian hukum Setda Provinsi Riau. Namun masih banyak diantara naskah akademik Ranperda yang membutuhkan perbaikan, serta masih perlu dikonsultasikan ke tim ahli yakni Kementrian Hukum. Dwngan demikian, Pansus meminta perpanjangan waktu pembahasan.
Selanjutnya, dari laporan juru bicara pansus pengeloaan Aset Daerah, Adam Syafaat, dan laporan juru bicara Pansus Revisi Retribusi jasa umum
, Edi Sutrisno. Keduanya juga masih membutuhkan perpanjangan waktu pembahasan.
Ketua DPRD Rokan Hulu, Kelmi Amri, SH mengatakan saat ini pansus sudah bekerja sampai ke tahap finalisasi. Namun masih membutuhkan waktu
untuk menyelesaikannya.
“kan sudah tahap finalisasi. Nanti melalui Banmus akan kita beri perpanjangan waktu” singkat nya.

“dan kita agendakan agar pembahasan dapat dituntaskan dalam 1 pekan lagi. dimbuhnya kemudian. (Gallery/Humas/DPRD-Rohul/Ina)


author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Gallery Paripurna Penyampaian Hasil Pembahasan 4 Ranperda DPRD Rokan Hulu"