Gali Potensi Rupiah,Tim Kukerta UNRI Sosialisasikan Bank Sampah Kewarga Okura.

Ojenews.com Pekanbaru Riau

Negeri Smart City Madani,-Melirik potensi rupiah dari aktifitas rumah tangga, tim Kukerta UNRi menggelar kegiatan sosialisasi Bank sampah.

Kegiatan ini dilakukan di Balai Kelurahan dengan dihadiri 20 peserta guna menjalankan prosedur social distancing dan protokol kesehatan.

Pada sosialisasi tersebut tim Kukerta menjelaskan bagaimana pengolahan sampah yang baik dan benar. Seperti pengolahan sampah plastik yang dapat di daur ulang menjadi barang barang bermanfaat dan sampah organik yang dapat di olah menjadi pupuk kompos.

Menurut ketua bank sampah Okura , Salma, Kelurahan Okura sudah memiliki Bank sampah sejak 2019 lalu, namun kegiatan terhenti semenjak adanya pandemi.

“Kita sudah punya Bank sampah sejak 2019 lalu dan itu terhenti sejak wabah corona, kami juga minim pengetahuan mengenai pengolahan sampah terutama sampah organik, karna sudah berapa kali mencoba buat namun selalu gagal,” ujar Salma .

Hal yang sama juga dirasakan oleh ketua pengurus taman bunga Okura.

” Kami masih butuh pengetahuan mengenai pupuk kompos,” ujar Musnidianto.

Untuk memaksimalkan sosialisasi dan mengedukasi masyarakt Kelurahan Okura dalam pengelolaan sampah, tim Kukerta UNDRI menggandeng Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera.

Dalam kegiatan ini P3E Sumatera memberikan edukasi bagaimana mengolah sampah organik yang baik salah satunya dengan cara mebuat lubang biopori. Pelaksanaan kegiatan dipusatkan di Bank sampah RW4 dan RW 5 Kelurahan Okura.

Selain itu warga juga diajarkan bagaimana cara membuat eco enzim dari bahan bahan dapur yang berguna untuk mempercepat proses pengomposan.(hana)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Gali Potensi Rupiah,Tim Kukerta UNRI Sosialisasikan Bank Sampah Kewarga Okura."