DPRD Riau Gelar Rapat Persiapan Anggaran Atasi Pandemik Covid-19 Bersama Pemprov Riau

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Melayu Smart Madani,-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau menggelar rapat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau guna pembahasan anggaran untuk penanggulangan bencana non alam Covid-19 di kantor DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru, Kamis (6/3/2020).

Rapat terbatas itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau H.Zukri Misran, Wakil Ketua Hardianto,SE Wakil Ketua H.Asri Auzar.SH.M.Si dan sejumlah anggota DPRD Riau lainnya, Sekretaris Daerah Provinsi Riau (Sedaprov) Yan Prana, Asisten I Ahmat Saharofi, Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Nuzelly Husnedi dan beberapa pejabat lainnya.

Rapat yang digelar dalam waktu beberapa jam itu mengatur langkah langkah dan strategi bersama serta alokasi angaran untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Provinsi Riau.Dalam keterangannya pimpinan rapat H.zukri yang juga Wakil Ketua I DPRD Riau menjelaskan bahwa untuk memutus matarantai penyebaran dan penanganan Covid-19 itu harus dilakukan secara bersama, termasuk kebijakan alokasi anggarannya.

“Secara bersama kita melawan Covid-19 ini, bentuk kebersamaan melawan pandemi Covid-19 ini tidak hanya dilakukan dari sisi kebijakan dan tindakan namun harus dibarengi oleh ketersediaan angaran.Inilah yang harus kita sinergikan agar penanganan pandemi Covid-19 ini tidak tergendala,”papar H.Zukri kepada wartawan.

Pihak DPRD Riau sudah melakukan kesepakatan akan mengalokasikan dana sebanyak 28 miliar untuk penanganan pandemi Covid-19 melalui rasionalisasi anggaran pengadaan mobil dinas dan perjalanan dinas DPRD Riau.

Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto juga menambahkan,bahwa rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) tersebut melakukan sinergi angaran dalam memerangi pandemi Covid-19.Dikatakan bahwa DPRD Riau telah mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan pandemik Covid-19 sebanyak 28 milyar dari melakukan rasionalisasi terhadap pengadaan mobil dinas dan perjalanan dinas keluar negeri anggota DPRD Riau.

“Kita komit dan mendukung langkah Pemerintah Provinsi Riau dalam upaya melakukan penanggulangan pandemik Covid-19 ini.Kita siap mengalihkan beberapa kegiatan dan mengalokasikan anggarannya untuk penanganan pandemi Covid-19 ini,”kata Politisi Partai Gerindra ini.

Ditambahkan oleh Hardianto politisi Gerindra ini, salah satu kesepakatan bersama yang dicapai dalam rapat konsultasi bersama Pemprov Riau itu adalah pembuatan laboratorium pengujian terhadap pasien yang suspeck virus corona.

“Sejauh ini sampel dari pasien dikirim ke-Jakarta,dan untuk mengetahui hasilnya sangat lama bisa lima hari bahkan bisa satu minggu kemudian baru diketahui hasilnya.Dengan memiliki labor sendiri tentu hasil dari sempel yang diambil dari pasien lebih cepat diketahui hasilnya,”sebut Hardianto.

Melalui sinergi program dan anggaran antar DPRD Riau dan Pemerintah Provinsi Riau untuk memerangi pandemi Covid-19 diharapkan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.(ADV/dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Riau Gelar Rapat Persiapan Anggaran Atasi Pandemik Covid-19 Bersama Pemprov Riau"