DPRD Riau Gelar Paripurna Penyampaian Program Kerja Calon Wakil Kepala Daerah Sisa Masa Jabatan 2014-2019

Sidang Paripurna DPRD Riau penyampaian program kerja calon wakil kepala daerah Provinsi Riau

Ojenews.com.Pekanbaru.Riau.
Sidang Paripurna penyampaian program kerja calon Wakil Gubernur Riau sisa masa jabatan 2014-2019 ini  merupakan tahapan dari proses pelaksanaan Undang-undang Nomor.9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Uu Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah pasal 101 yang berbunyi, DPRD Provinsi memiliki tugas dan wewenang  memilih gubernur dan wakil gubernur dalam hal terjadi kekosongan jabatan untuk meneruskan sisa masa jabatan.

Sidang Paripurna yang terbuka untuk umum ini dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Dra.Hj.Septina Primawati,MM didampingi tiga wakil ketua, masing-masing Noviwaldy Jusman, Manahara Manurung dan Sunaryo serta 35 anggota DPRD Riau.

Dalam sidang nampak hadir ke-2 calon Wakil Gubernur Riau Ruspan Aman dan Wan Thamrin Hasyim, Gubernur Riau yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Forkompinda Riau, Dandrem, Kapolda Riau, para rektor perguruan tinggi  di Kota Pekanbaru, para kepala instansi pertikal, Kepala Dinas dan badan lingkungan pemerintah Provinsi Riau serta para tokoh masyarakat Riau, pemuka adat dan lainnya pada Kamis (13/4/2017) di ruang sidang paripurna DPRD Riau Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Diawali pidato pembukaan, pimpinan sidang Dra.Hj.Septina Primawati,MM nyampaikan bahwa sidang terseb dapat dilaksanakan karena jumlah anggota DPRD yang hadir lebih dari 2/3 anggota.

“Dari jumlah anggota Dewan 64 orang hadir sebanyak 35 orang maka kuorum, sidang dapat dilaksanakan,”kata Ketua.

Foto bersama Ketua DPRD Riau Dra.Hj.Septina Primawati,MM, Wakil Ketua DPRD Riau, Anggota DPRD Riau dan 2 Calon Wakil Kepala daerah Provinsi Riau

Selain itu Pimpinan sidang juga menjelaskan bahwa sesuai dengan tatatertip pemilihan wakil kepala daerah Provinsi Riau sisa masa jabatan 2014-2019, sidang Paripurna penyampaian Program Kerja Calon wakil Kepala Daerah ini merupakan proses akhir sebelum dilaksanakan penetapan nama Wakil Kepala daerah oleh Panitia.

Dua orang bakal calon Wakil Gubernur Riau yang akan mendampingi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yakni Ruspan Aman dan Wan Thamrin Hasyim. Ruspan Aman tampil sebagai kontestan pertama menyampaikan program kerjanya dihadapan anggota DPRD Riau.

Dengan 11 program prioritas yang akan disinergikannya dengan gubernur jika dirinya terpilih mengemban amanah untuk mendampingi Gubernur Riau  Arsyadjuliandi Rachman.

“Saya yakin jika saya dipercaya mengemban amanah ini untuk mendampingi bapak Gubernur maka program-program kerja yang saya rangakaikan itu dapat disinergikan dengan program yang telah dan akan dilaksanakan Pemprov Riau,” kata mantan anggota DPRD Riau itu.

Dalam kesempatan pemaparan program kerjanya tersebut Ruspan Aman juga meyakinkan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jangan takut dan ragu untuk melaksanakan program yang telah menjadi ketetapan, dan dirinya akan menguatkan Gubernur untuk tidak perlu takut menjalankan programnya.

“Saya akan kuatkan Pak Gubernur, kalau ragu kita tanya dan kordinasikan dengan BPK bahkan KPK sekalipun demi yang dibutuhkan masyarakat Riau,” kata Ruspan dengan dialek dan intonasi kocak.

Disisi lain kontestan kedua yakni Wan Tambrin Hasyim. Dengan visi yang diusungnya, yakni Terwujudnya Provinsi Riau yang maju, masyarakat sejahtera, berbudaya melayu dan berdaya Saing Tinggi, menurunnya kemiskinan, teredianya lapangan kerja serta pemantapan aparatur, Wan Thamrin hasyim meyakinkan itu semua sejalan dengan apa yang diazamkan pemerintah saat ini.

Mantan Bupati Rokan Hilir ini mengatakan bahwa niatnya hanya satu, mendampingi Gubernur, dan menjalankan  tugas Wakil Gubernur sesuai dengan tufoksinya.

2Calon Wakil Kepala Daerah Provinsi Riau, Ruspan Aman dan Wan Thamrin Hasyim

“Jika diamanahkan saya siap mendampingi Bapak Arsyadjuliandi Rachman sebagai Wakil gubernur dan membantu menjalankan apa yang sudah menjadi program pemerintah. Kita tidak akan lari dari koridor tersebut,” ungkap Wan Thamrin.

Dikatakan Wan Tambrin satu hal yang mendasari pikirannya untuk turut berkompetisi dalam pemilihan Wakil Gubernur ini adalah pangilan hatinya untuk tetap selalu mengabdi demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Riau,”katanya.

Seterusnya pimpinan sidang menyatakan sidang paripurna penyampaian program kerja calon Wakil Kepala Daerah ditutup dan penetapan nama Waklil Kepala daerah akan dilakukan oleh panitia pada tahap berikutnya.(oje)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Riau Gelar Paripurna Penyampaian Program Kerja Calon Wakil Kepala Daerah Sisa Masa Jabatan 2014-2019"