Distanak Targetkan 900 Sapi Bunting di 2017

Tidak ada komentar 298 views
el-syabrina

Kadistanak Pekanbaru, El-Syabrina.

Ojenews.com, Pekanbaru, Riau- Program sapi bunting Kota Pekanbaru, melalui dinas perternakan mewajibkan sebanyak 900 sapi betina bunting pada tahun 2017.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru,El-Syabrina, mengatakan, diperkirakan populasi sapi di Pekanbaru sebanyak 1.094 ekor. Dari jumlah tersebut terdapat sebanyak 900 sapi betina, ditargetkan bisa bunting dan di 2018 beranak.

Dijelaskannya, sapi wajib bunting itu merupakan perwujudan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi.Tujuannya untuk meningkatkan pasokan daging.

Program ini berlaku secara bersama di semua wilayah dan serentak. Guna mencapai swasembada daging tahun 2025.

“Untuk Pekanbaru, prosesnya sudah dimulai secara serentak pada empat lokasi peternakan, dengan dua tim satgas pada 15 November kemarin,” ungkapnya.

Dijelaskannya juga, dari 900 sapi betina yang ditargetkan bunting tersebut Distanak memprogramkan dengan dua cara, kawin alami dan buatan atau Inseminasi Buatan (IB).

“Sebanyak 242 sapi betina yang di IB kan, sisanya 658 lagi akan kawin alami dengan sapi jantan,” ujarnya.

El menyatakan untuk proses IB pihaknya akan melakukan bagi petani binaan yang selama ini kesulitan mendapatkan bibit pejantan baik alami maupun buatan. Karena program tersebut merupakan bantuan pusat bagi para peternak.

“proses pembuntingannya melalui sperma pejantan sapi yang disuntikkan secara gratis, tidak dipungut biaya,” tegas El. (AA)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Distanak Targetkan 900 Sapi Bunting di 2017"