Direncanakan Pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho Bagan Siapiapi Akan Dilengkapi Menara 25 Tingkat

Ojenews.com Rohil Riau.
Bagan Siapiapi Negeri Seribu Kubah-Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno menunjukkan keseriusannya untuk membangun Mesjid Muhammad Cheng Ho, di Jalan Pulau Batu atau lebih tepatnya di belakang Pujasera.

Bupati Suyatno yang didampingi Sekda Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Surya Arfan dan beberapa pejabat lainnya melakukan peninjauan lokasi yang akan dijadikan pembangunan masjid.

Disela peninjauannya Suyatno juga menyempatkan diri menyapa warga yang tinggal disekitar lokasi pembangunan masjid.”Ibu nanti di lokasi dekat sini akan kita bangun sebuah masjid sebagai tempat ibadah, jadi tolong kita jaga kebersihan lingkunganya,”pesan orang nomor satu di Rohil itu.

Peninjauan lokasi tersebut dilakukan Bupati untuk memastikan dan menyaksikan secara langsung luas lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan dan batas batas sempadannya.Bupati Suyatno juga menargetkan pembangunan masjid Muhammad Cheng Ho akan selesai dalam satu tahun anggaran.

“Kita akan targetkan pembangunan masjid ini akan selesai dalam satu tahun. kalau sekiranya bisa lebi cepat tentu lebih baik,”katanya.

Dikatakan Bupati, masjid Muhammad Cheng Ho itu nanti akan berbeda bentuk bangunann nya dengan masjid yang lain, karena akan menggunakan ornamen ornamen Tionghoa. Pembangunan masjid tersebut juga akan dibiayai melaui dana APBD Rohil.

“Mesjid akan menggunakan ornamen Tionghoa dan akan menghabiskan dana sebesar 8 miliar. Ini bentuk keseriusan Pemkab rohil dalam menyediakan sarana ibadah umat Muslim dan sekaligus pelesatrian sejarah Cheng Ho,” ujarnya.

Bupati suyatno mengatakan, pembanguna masjid yang bernuansa dan berornamen Tionghoa itu sudah banyak dibangun diwilayah lain diluar Riau, namun untuk di Riau sendiri, masjid Muhammad Cheng Ho yang akan dibangun itu merupakan yang pertama.

“Bangunan masjid akan kita lengkapi dengan menara 25 tingkat. Dengan ketinggian menara mencapai 50 meter itu akan terlihat Bagan siapiapai dari atas menara, dan pekarangan masjid akan dilengkapi dengan taman bermain anak, beberapa fasilitas lainnya akan kita sediakan seperti perpustakaan dan lainnya,”urai Bupati serius.

Bupati Suyatno berharap para warga mualaf yang jumlahnya cukup banyak di kota Bagan tersebut akan tergerak hatinya untuk beribadah dimasjid Cheng Ho yang berornamen Tionghoa itu.

“Warga mualaf disini sangat banyak, kita berharap dengan adanya masji ini nanti mereka akan semakin taat beribadah. Kita inginkan majid ini nanti kan menjadi salah satu daya tarik wisata dan menjadi aikone Kabupaten Rokan Hilir,”harap Bupati Suyatno.(ADV).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Direncanakan Pembangunan Masjid Muhammad Cheng Ho Bagan Siapiapi Akan Dilengkapi Menara 25 Tingkat"