Dinas Pertanian Kabupaten Rokan Hilir Petakan Ribuan Hektare Sawah

Ojenews.com Rohil Riau.

Bagan Siapiapi Negeri Seribu Kubah-Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau melakukan pemetaan lebih dari 6.000 hektare lahan untuk dijadikan sawah sebagai upaya swasembada pangan pokok.

Dari keterangan yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Rokan HIlir Muslim. Areal persawahan itu tersebar di sejumlah kecamatan, dan untuk Kecamatan Bangko dipetakan lahan seluas 2.000 hektare lebih, untuk di Kecamatan Sinaboi juga sekitar 2.000 hektare lahan yang akan dijadikan sawah tanaman padi dan untuk kecamatan Pekaitan juga dipetakan sekitar 2.000 hektare.

Sementara itu untuk wilayah Kecamatan Kubu dan Pasir Limau Kapas total luas areal pertanian hanya ada 116 hektare dan di Kecamatan Bagan Sinembah dipetakan lahan seluas 100 hektare, jelaskan Kadis.

Dikatakannya juga bahwa, program pemetaan dimaksudkan untuk mengetahui total luas areal pertanian padi dan sentra produksi padi di Kabupaten Rokan Hilir.

Untuk luas lahan areal pertanian padi sawah di sentra produksi padi Kecamatan Rimba Melintang saat ini yang telah mulai dalam masa penanaman seluas 949 hektare, 300 hektare di antaranya telah mulai panen.

Dijadikanya sentra produksi pertanian padi berada di Kecamatan Rimbo Melintang, karena daerah tersebut bisa dilakukan 3 kali tanam dan 2 kali panen dalam setahun.

“Januari-Mei sudah panen pertama dan Juni baru menanam kembali. Jadi jika dikalkulasikan untuk keseluruhan luas lahan tercatat sejak Juni hingga Nopember, yang telah mulai di tanam ada seluas 1.779 hektare,”Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Rokan HIlir Muslim.( Redaksi / ADV )

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dinas Pertanian Kabupaten Rokan Hilir Petakan Ribuan Hektare Sawah"