Dikdasmen Aisyiyah Riau Perkuat Mutu Kasek dan Guru TK Lewat Workshop

img-20161125-wa0025

Para peserta mengikuti Workshop dengan semangat.

Ojenews.Com, Pekanbaru, Riau-Berikan nilai lebih bagi keberadaan Taman Kanak-Kanak (TK)/Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berada dibawah Aisyiyah, Majelis Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Aisyiyah Riau gelar Workshop Kurikulum PAUD terintegrasi materi Pendidikan Agama Islam (PAI), Ke Muhammadiyahan, Ke Aisyiyahan untuk Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wilayah Riau.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula lantai III Kampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) tersebut berlangsung selama dua hari, dengan diikuti 80 peserta dari beberapa daerah di Riau, yakni Kepulauan Meranti, Bengkalis, Dumai, Kampar dan Pekanbaru.

Wakil Pimpinan Wilayah Aisyiyah Wilayah Riau yang membidangi Dikdasmen, Dra Hj Midawati MPd didampingi Ketua Dikdasmen Aisyiyah Wilayah Riau Rahma MSi menjelaskan, worshop ini lebih kepada pembentukan ciri khas dari TK-TK yang berada dibawah naungan Aisyiyah Riau, dibandingkan dengan TK-TK lainnya.

“Ini sebenarnya lebih kepada upaya kita untuk memberi nilai tambah bagi anak didik yang menuntut ilmu di TK/PAUD Aisyiyah. Ini sejalan dengan semakin banyaknya tumbuh lembaga PAUD ataupun TK di Provinsi Riau ini,” kata Midawati, Jum’at 25 Nopember 2016 sore disela acara berlangsung.

Dijelaskannya, nilai lebih dimaksud, selain menanamkan pendidikan akhlak dan pembentukan karakter, para guru dan kepala sekolah yang menjadi peserta workshop juga diberikan bagaimana sejak dini anak-anak telah tahu akan keberadaan organisasi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

“Namun, pengenalan itu dilakukan tidak melalui proses pembelajaran atau memasukkannya saat berada didalam lokal, melainkan memperkenalkannya pada saat bermain, seperti siapa pendiri organisasi Muhammadiyah dan Aisyiyah, dan juga lambang Muhammadiyah serta lainnya,” jelas Midawati.

Sementara Rahma menambahkan, untuk kegiatan ini pihaknya mendatangkan narasumber dari Jogjakarta yang juga merupakan pengurus Aisyiyah pusat yang membidangi Dikdasmen yakni Dra Hj Kis Rahayu.

“Dari kegiatan ini diharapkan peserta mampu membuat program mingguan dan program harian, untuk bisa diterapkan disekolahnya masing-masing. Dan akan ada tim dari Aisyiyah Wilayah Riau yang akan melakukan monitoring, dalam rangka melihat sejauh penerapannya dimasing-masing sekolah,” ungkapya.

Rahma juga menyebut bahwa kegiatan ini juga dalam rangka mempersiapkan TK dibawah Aisyiyah untuk menerapkan Kurikulum 2013, selain kurikulum PAI.

Ditarget seluruh sekolah pada tahun 2017 mendatang sudah seluruhnya menerapkan.

“Karena itu pula seluruh guru dan Kepala Sekolah dari 145 TK dibawah Aisyiyah se Riau, pada tahun ini sudah mengikuti kegiatan workshop ini, dan ini akan berkelanjutan,” ungkapnya. (AA)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dikdasmen Aisyiyah Riau Perkuat Mutu Kasek dan Guru TK Lewat Workshop"