Deteksi Masuknya WNA, TIMPORA Rutin Patroli Pulau Jemur

Potensi wisata pulau jemur Rohil

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Bagansiapiapi-Operasi gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Rokan Hilir melakukan patroli di Perairan Pulau Jemur, Rabu (9/8/2017) lalu. Patroli itu untuk mendeteksi pulau terdepan Indonesia tersebut dari masuknya warga negara asing (WNA) keindonesia maupun hal-hal yang melanggar hukum lainnya.

Sekdakab Rohil, Drs H Surya Arfan MSi mengatakan bahwa laporan yang ia terima operasi yang ditaja tim bersama pihak Kantor Imigrasi Bagansiapiapi bahwa semua berjalan aman dan kondusif. Perjalanan dimulai sejak pagi hari dan tiba menjelang makan siang dan kembali bertolak ke Bagansiapiapi pada sore hari.

Pengawasan dilakukan dengan berkeliling di Pulau Jemur, Pulau Tukong Mas dan Pulau Batu Mandi serta pulau-pulau kecil lainnya yang merupakan bagian dari Kepulauan Aruah. Bahkan sampai ke Perbatasan antara RI-Malaysia di Selat Malaka.

“Kita apresiasi Timpora yang turun bersama pihak instansi terkait juga pihak pemda Rohil,” kata Surya Arfan.
Selaian misi pengawasan juga tim diarahkan untuk melepaskan Tukik (Anak Penyu) secara serentak sekitar 71 ekor yang merupakan hasil penangkaran yang dilakukan di Pulau Jemur oleh Pihak Dinas Perikanan bersama Pos-Al dan Navigasi serta pihak Kepenghuluan Pulau Jemur, Kecamatan Palika, Rohil.

Sekda menambahkan, Habitat Penyu Hijau yang merupakan hewan langka dan dilindungi menjadi salah satu tanggung jawab pemerintah daerah untuk melindungi agar habitatnya tidak punah.

“Sekarang ini tak boleh lagi mengkonsumsi maupun menjual Telur Penyu, bahkan kita sudah pasang spanduk raksasa di Pulau Jemur lengkap dengan Undang-Undang serta sanksi yang akan diberikan apabila melanggar,” tegas Sekda.

Saat ini Pemkab rohil melalui BUMD PD.Sarana Pembangunan untuk mengajak masyarakat berwisata ke Pulau Jemur, bahkan sudah ada kapal khusus yang didatangkan dari Batam.

“Semoga dengan banyaknya yang datang baik berwisata maupun patroli yang dilakukan secara perlahan bisa mengetuk hati pemerintah pusat untuk membantu melengkapi sarana dan prasarana Wisata Bahari kita yakni Pulau Jemur,” harapnya.Penulis : jum/auz.

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Deteksi Masuknya WNA, TIMPORA Rutin Patroli Pulau Jemur"