Datuk Podano Montoi Luhak Kepenuhan Gagas 5 Luhak di Rohul Miliki Tanjak Khas Masing Luhak

Ismail Hamkaz S.Ag.M.Si yang bergelar Datuk Podano Montoi

Ojenews.com Rohul Riau

Negeri Seribu Suluk,-Salah seorang anak jati diri dari Luhak Kepenuhan, mengajak kepada Kerapantan Adat Melayu 5 Luhak yang ada di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk membuat Tanjak dengan ciri khas masing-masing Luhak.

Menurutnya, dengan memiliki tanjak yang mempunyai ciri khas masing-masing Luhak akan terlihat elok dan indah. Setidak masing Luhak nan 5 bisa memberikan kontribusi pada tanjak Rokan Hulu menjadi tanjak resmi.

“Kami menghimbau, mengajak dan berharap kepada kaum famili di 5 Luhak Negeri Seribu Suluk ini untuk dapat membuat ciri khas tanjak Luhak masing-masing namun tidak terlepas dari ciri khas tanjak Rohul,” tutur Ismail Hamkaz S.Ag.M.Si yang bergelar Datuk Podano Montoi dari Luhak Kepenuhan, Jumat (18/9/2020).

Ismail berharap, bahwa tahun depan pada 16 September 2021 Rokan Hulu sudah miliki 5 jenis tanjak resmi yang di syahkan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Rohul dan jika perlu di usulkan perdanya sebagai payung hukum.

“Kita berharap pada tahun akan datang Rokan Hulu sudah memiliki 5 jenis tanjak dengan ciri khas masing-masing Luhak yang disahkan oleh LAM Rohul dan kalau perlu kita usulkan pembuatan perdanya sebagai payung hukumnya,”katanya.

Datuk Podano Montoi ini 1juga menambahkan, bahwa Lembaga Adat Melayu di Kabupaten Rokan Hulu ini memiliki 5 Luhak, diantaranya, Luhak Rambah, Luhak Kepenuhan, Luhak Tambusai, Luhak Kunto dan Luhak Rokan.

“Nah, jika masing-masing luhak sudah memiliki tanjak dengan ciri khas masing-masing tentunya ini salah satu bukti bahwa di Negeri Seribu Suluk ini juga masih kuat akan adatnya,” papar Datuk Podano Montoi.

Dikatakan juga bahwa untuk pembuatan tanjak dengan ciri khas masing-masing luhak tentunya diikuti dengan sejarah dan filosofis yang sesuai dengan sejarah Luhak nan 5 yang ada di Negeri Seribu Suluk,”tutupnya.(oje/rls).

 

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Datuk Podano Montoi Luhak Kepenuhan Gagas 5 Luhak di Rohul Miliki Tanjak Khas Masing Luhak"