Cegah Penyebaran Covid-19 di Era New Normal, Tim Pengabdian Mahasiswa UNRI Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Pemberian Poster Edukasi Protocol Kesehatan di Masjid

                                                    ( Tim Pengabdian Mahasiswa UNRI )

Ojenews.com Pekanbaru Riau
Negeri Smart City Madani,-Dalam rangka mewujudkan pranserta Akademisi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat Kota Pekanbaru, Mahasiswa relawan Universitas Riau (UNRI) yang tergabung dalam Relawan Lembaga Dompet Dhuafa Riau melakukan penyemprotan Disinfektan dan penempelan poster edukasi protocol kesehatan di masjid.

Penyemprotan Disinfektan dan penempelan poster edukasi ini dilakukan setelah shlat isya dan lokasi penyemprotannya di masjid krammunas,Pekanbaru.Kegiatan penyemprotan Disinfektan tersebut dipimpinlangsung oleh Kordinator Volunteer Dompet Dhuafa Riau Muhammad Izzul Islami.

Dalam penjelasannya Muhammad Izzul Islami mengatakan,”kegiatan penyemprotan Disinfektan dan penempelan poster edukasi ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap pentingnya mematuhi protocol Kesehatan ditengah pandemic agar bisa mencegah penularan covid-19 di tempat tempat ibadah, kemudian dengan adanya poster edukasi ini juga embantu pemerintah memutus rantai penyebaran covid di era new normal,”jelas Kordinator Volunteer DDR Riau ini.

Sementara itu kelompok Kukerta relawan dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bapak Rio Marpaung,SE.MM yang beranggotakan Yurike Reza (F.Keperawatan), Silmi Rinda Fitri (FISIP), dan Wulan Fauzana (FISIP), ikut turun dalam aksi peyemprotan Disinfektan dan pemberian poster edukasi di mesjid.

Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya dibuat dari Hidrogenperoksida atau alkohol yang bertujuan untuk membunuh bakteri,virus,kuman berbahaya yang terdapat pada permukaan benda dan sekitar ruangan. Cairan yang digunakan dalam menyemprot adalah cairan Bayclin yang dicampur dengan air bersih yang kemudian dimasukkan dalam botol semprot.Perbandingan antara cairan Baclyn dengan air yakni 1 gayung air bersih dengan 1 tutup cairan Bacylin.

Silmi Selaku anggota tim relawan UNI mengatakan tujuan dilakukannya penyemprotan ini untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Adapun tujuan penyemprotan Disinfektan dimesjid ini kami lakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di masjid, yang mana di era new normal masjid-mesjid sudah mulai dibuka.Kami melakukan penyemprotan diberbagai titik seperti pintu masjid, jendela, dinding dan lantai.
Kemudian, kami juga memberikan edukasi kepada jamaah dan pengurus masjid mengenai protocol Kesehatan selama shalat dimesjid melalui poster yang di tempel di dinding pintu masuk masjid” Ujar Silmi Rinda Fitri selaku anggota kelompok.(oje/rls).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Cegah Penyebaran Covid-19 di Era New Normal, Tim Pengabdian Mahasiswa UNRI Lakukan Penyemprotan Disinfektan dan Pemberian Poster Edukasi Protocol Kesehatan di Masjid"