Camat Bukit Raya Wahyu Idris Sebut Bank Sampah Solusi Kebersihan Lingkungan

Ojenews.com Pekanbaru Riau

Negeri Smart City Madani,-Bagi semua orang pribadi dan institusi sampah dapat menjadi masalah besar dan berdampak terhadap kesehatan lingkungan, namun tidak demikian bagi Camat Bukit Raya Wahyu Idris, baginya sampah jika dipilah dan dipilih akan dapat bernilai ekonomis.

Hal ini dibuktikan dengan kerjasama pihaknya (kecamatan Bukit Raya) dengan salah satu Bank Sampah di Pekanbaru Bank Sampah Insfirasi Madani.

Kerjasama ini dirajud untuk menjadikan sampah kantor menjadi lembaran rupiah.

“Kita siasati agar sampah yang ada dilingkungan kantor kita ini dapat bermanfaat dan bernilai ekonomis. Selain dapat diuangkan, dengan dikelolanya sampah ini dengan baik  lingkungan juga jadi bersih. Untuk itu saya mengajak kawan kawan agar sama sama menjaga linkungan kerja kita agar tetap bersih dengan salah satunya mengelola sampah dengan baik,” kata Camat Bukit Raya ini.

Dikatakan bahwa pihak Bank Sampah akan menjemput dan menimbang sampah dikantornya satu bulan sekali pada minggu kedua. Dengan kerjasama itu diakui pihakbya sangat terbantu dalam kebersihan lingkungan kantornya.

Kedepan dirinya berharap, setiap kelurahan juga melakukan hal yang sama yakni melakukan pengelolaan sampahnya dengan baik. Karena prilaku bersih akan menghasilkan lingkungan yang sehat dan ini bernilai besar bagi masyarakat.

“Saya berharap, setiap kelurahan dan kita semua dapat menjadi duta lingkungan ditengah masyarakat kita masing masing sehinga prilaku bersih dengan pengelolaan sampah yang baik menjadi budaya hidup kita semua dan sampah tidak lagi membawa masalah tapi membawa berkah,” sebut Wahyu Idris.

Dikesempatan itu Ketua Bank Sampah Insfirasi Madani Julkarnaini menyebutkan bahwa Bank Sampah sebagai suplemen dalam upaya mengatasi kebersihan lingkungan termasuk perkantoran.

” Kehadiran Bank Sampah dapat membawa berkah bagi masyarakat, karena jika masyarakat rajin menabungkan sampahnya di Bank Sampah Insfirasi Madani kami akan menhadirkan rupiah untuk mereka,”sebut Zul sapaan akrab ketua ini.

Zul menyebutkan Kehadiran Bank Sampah yang dipimpinnya bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi masalah sampah dan selain itu juga memberikan ruang pemasukan rupiah bagi masyarakat melalui tabungan Bank Sampahnya.

“Kehadiran Bank Sampah Insfirasi Madani juga untuk mendukung program Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus,MT dalam mengatasi masalah persampahan di Pekanbaru Smart City Madani ini. Semoga kehadirankita dapat menginsfirasi masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan,” harapnya.(dy).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Camat Bukit Raya Wahyu Idris Sebut Bank Sampah Solusi Kebersihan Lingkungan"