Bupati Suyatno pimpin Pawai Taaruf MTQ Riau ke 36 Kafilah Rohil Tampil Memukau

Ojenews.com.Rohil.Riau.

Ngeri Seribu Suluk-Kafilah Rohil dalam pawai taaruf MTQ Riau ke 36 dikota Dumai- Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp pimpin dan ikut dalam barisan pawai ta’aruf MTQ ke 36 Riau dikota Dumai. ia bersama sejumlah 750 orang peserta lainnya berhasil tampil memukau.

Tentu saja hal ini menjadi perhatian Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Walikota Dumai Zulkipli, melihat bagaimana penampilan Kafilah Rohil yang begitu antusias hingga mendapatkan tepuk tangan dan sorak meriah dari masyarakat disepanjang jalan seobarantas.

Barisan pawai taaruf Rohil diawali barisan pembawa spanduk yang dibawakan oleh tiga orang peserta. Dalam spanduk itu tertulis ‘Dengan semangat MTQ XXXVI tingkat Provinsi Riau “Bumikan alquran guna mewujudkan masyarakat madani menuju kemakmuran berjiwa qurani”

Berikut dengan pawai taaruf Rohil sepasang bujang dan Dara menyerahkan cendera mata sebuah miniatur kepada Gubri, Arsyadjukiandi Rahman.

Sedangkan barisan Bupati Rohil H Suyatno bersama Ketua DPRD Nasrudin Hasan ,Kajari Rohil Bima Suprayoga memimpin barisan Muspida dan seluruh kepala SKPD dengan menggunakan baju kuning dan payung berwarna kuning. Dari bawah, rombongan bupati melambaikan tangan ke arah Gubri dan Wako Dumai yang berada di atas panggung.

Pawai taruf ini, dimulai dari Jalan Soebrantas menuju Sudirman kemudian rombongan bupati serta seluruh SKPD menuju stan MTQ Rohil yang berada di areal Lapangan Bukitgelanggang

Menyusul kemudian, Rohil menampilkan salah satu mobil hias dengan miniatur Alquran dan magrib mengaji serta masjid raya yang berada disetiap kecamatan. Penampilan ini menunjukkan bahwa di Rohil di setiap masjid raya itu memiliki program magrib mengaji. Dengan adanya magrib mengaji itu, diharapkan dapat menangkal pengaruh negatif pada anak.

Selain itu ada juga dibelakangnya menampilkan Alsintan dan hasil pertanian serta beberapa penampilan budaya Melayu Rohil turut dibawakan peserta.

Selanjutnya diyakini paling memukau adanya penampilan ratif togak (zikir berdiri, red) yang dibawakan pesantren Roudatul Jannah Bagan siapiapi sebanyak 60 orang didepan podium. Disitu, semua undangan yang hadir termasuk Gubri dan Wako turut berdiri sembari mengikuti irama zikir.

Ratif togak ini merupakan sebuah tradisi masyarakat Rohil yang berada di sepanjang aliran Sungai Rokan yang tetap terjaga hingga sekarang untuk mengusir berbagai macam bala bencana dan berbagai macam penyakit yang berada di daerah itu. Dibelakang barisan ini juga turut dihadiri tokoh masyarakat Rohil sebanyak 50 orang.(adv/humas)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bupati Suyatno pimpin Pawai Taaruf MTQ Riau ke 36 Kafilah Rohil Tampil Memukau"