Bupati HM Wardan Mengikuti Vidio Converence Bersama Seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau

Ojenews.com Inhil Riau
Bumi Hamparan Kelapa Dunia,-Dipimpin Oleh Wakil Gubernur Riau,Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP mengikuti Video Converence (Vidcon) Pembukaan Rakoor tentang
Penyelenggaraan Tata Kelola Keterbukaan Informasi saat Pandemi Covid-19 yang sesuai dengan UU KIP Nomor 14 Tahun 2008, Jum’at (5/6/2020).

Rakoor ini diikuti oleh seluruh Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau, dan dipimpin oleh Wakil Gubernur Riau.

Tujuan dari rakoor ini ialah membangun komitmen bersama dalam mewujudkan keterbukaan informasi yang proaktif yang disesuaikan dengan pandemi Covid-19.

Selain itu mengoptimalkan peran PPID dalam pengelolaan dan memberikan informasi di tengah Covid-19, serta memberikan batasan tentang informasi yang dikecualikan terkait data pasien Covid-19 sesuai ketentuan perundang-undangan.

Bupati mengucapkan terimakasih sebab Kabupaten Inhil telah dipercaya dalam rangka pemanfaatan sarana dan prasarana elektronik pada kegiatan ini, serta diberi kesempatan menyampaikan sambutan.

Bupati mengatakan informasi adalah kebutuhan penting dan mendasar setiap orang. Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri dari negara demokratis yang menjunjung tinggi penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Pemberlakuan UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) adalah momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi di Indonesia, termasuk Provinsi Riau,” tuturnya.

UU ini, imbuhnya, telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang dalam memperoleh informasi publik, di mana setiap badan publik berkewajiban dalam melayani permohonan informasi publik dengan tetap berpegang kepada azas dan prinsip yang telah ditetapkan.

Oleh sebab itu keterbukaan informasi pemerintah mengenai data konprehensif khususnya mengenai penyebaran virus corona atau pandemi Covid-19 di Indonesia tidak harus diminamilisir agar tidak ada masyarakat terdampak informasi hoax.

“Sehingga tidak terjadi kesimpang-siuran data agar masyarakat lebih bijak dalam menerima dan menyebarkan informasi,”tegas Pemimpin Negeri Hamparan Kelapa Dunia itu.(wd).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bupati HM Wardan Mengikuti Vidio Converence Bersama Seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau"