Bupati H.Mursini Buka Secara Resmi Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2019

Ojenews.com Kuansing Riau.

Bosatu Nogori Maju,-Bupati kuantan Singingi H.Mursini membuka secara resmi lomba masak serba ikan tahun 2019 di aula SMK Negeri 2 Teluk kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, Kamis (26/09/2019).

Kegiatan yang di taja oleh Dinas Perikanan dan Ketahan Pangan Kabupaten Kuantan Singingi dengan tema “Ragam Menu Masakan Ikan Untuk Menyehatkan Masyarakat Mencegah Stunting (Penghamabat pertumbuhan) dan Mencerdaskan Anak”.

Selanjutnya Bupati Mursini dalam sambutannya menyampaikan agar masyarakat mengkonsumsi Ikan untuk anak agar anak tumbuh sehat dan cerdas, selain itu Bupati juga menyampaikan bahwa Ikan Gabus juga merupakan salah satu Ikan yang banyak di daerah kita , khususnya Kuansing.

Ditambahkan Bupati Mursini bahwa keluarga sebagai bagian terkecil dari masyarakat yang merupakan komponen utama dalam hal penyediaan sumber daya manusia yang unggul dan konpetitif yang akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya apa yang telah dicita citakan oleh pendiri negri ini, sebut Bupati.

Sementara itu kepala Dinas Perikanan dan kelautan Provinsi Riau Ir.Herman Mahmud menyampaikan kabupaten Kuantan Singingi merupakan salah satu Kabupaten terendah angka mengkonsumsi ikan yaitu sebesar 38.28 % dengan nominasi ikan Mas dan ikan Nila

. Selanjutnya Herman menyebutkan, sebagai sumber pangan ikan mempunyai kandungan gizi yang sangat baik seperti protein, sebagai sumber pertimbuhan, asam lemak, omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin serta sebagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

“Kegiatan lomba masakan ikan ini juga menjadi bagian dari upaya peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat kuasing dan di harapkan akan muncul aneka menu masakan ikan yang beragam, bergizi serta berimbang,”katanya.

Kadis perikanan dan ketahanan Pangan kabupaten Kuasing Fibri Komara menyampaikan bahwa kegiatan lomba ini adalah menggali kreatifitas variasi pengolahan dan penyajian menu ikan sehingga menjadi banyak pilihan masakan berbasis ikan, menjadi momen penyuluhan PKK sehingga dapat meningkatkan tingkat konsumsi ikan di keluarga dan masyarakat.

ketua PKK Kuansing Hj.Emi mursini menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan lomba masakan serba ikan harapannya bahwa kedepannya kuansing tidak akan lagi menjadi kabupaten yang terkecil konsumsi ikan,Pemenang lomba pada tingkat Kabupaten akan dibawa ketingkat Provinsi dan dilanjutkan ke tingkat Nasional harap ibu Bupati tersebut.

Salain dari itu kadis perikanan dan ketahanan pangan Kuansing Fibri melalui kabid P2HP Arlis,S,ST.Pi menyampaikan lomba masak ikan ini juga merupakan salah satu upaya pemecahan masalah pemasaran ikan yang alhamdulillah pada saat ini sudah lancar pada petani ikan kolam yang ada di kuansing.(neneg).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bupati H.Mursini Buka Secara Resmi Lomba Masak Serba Ikan Tahun 2019"