Buka LCM Serba Ikan Tahun 2018, Wardan: Mari Lestarikan Sungai Agar Ikan yang Kita Makan Memberi

Ojenews.com Inhil Riau.

Tembilahan Bumi Srigemilang-Kecamatan Mandah resmi menjadi utusan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) maju ke Tingkat Provinsi pada Lomba Cipta Menu (LCM) Serba Ikan. Hal tersebut dikarenakan Mandah berhasil menjadi pemenang pada LCM Serba Ikan Tingkat Kabupaten Inhil, Rabu (29/8).

Bertempat di Gedung Daerah Engku Kelana Tembilahan, lomba diikuti seluruh kecamatan yang ada di Inhil. Masing-masing peserta menyajikan berbagai olahan masakan berbahan baku ikan.

Tak ketinggalan pula tampilan yang apik menambah daya tarik setiap masakan. Kategori penilaian terbagi tiga, yaitu menu balita, menu keluarga, dan menu kudapan.

Ketahanan pangan dan gizi masih menjadi disamping ketahanan ekonomi, dan energi. Sebagai intitusi pemerintah, Dinas Perikanan Inhil berperan aktif menangani masalah pangan yang bersumber dari produk-produk Kelautan dan Perikanan serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan gizi nasional melalui bahan pangan yang berasal dari ikan.

Salah satunya yaitu dengan kegiatan lomba Cipta menu serba ikan yang merupakan implementasi dari gerakan gemar makan ikan yang merupakan promosi edukasi dan peningkatan konsumsi ikan yang dimulai dari usia dini.

Ketua pelaksana Marduan mengungapkan Tujuan lomba Cipta menu serba ikan yaitu menyebarluaskan dan menginformasikan gemar makan ikan yang dimulai dari usia dini dan memberikan pemahaman tentang manfaat pengolahan serba ikan sesuai dengan tema pada acara hari ini yaitu Ragam Menu Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME dalam sambutannya mengatakan bahwa ikan sangat bermanfaat untuk manusia, terutama pada masa anak-anak.

“Untuk itu kita perlu mendorong agar anak-anak gemar makan ikan karena ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi mengandung omega 3 yang cukup baik bagi kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama golden periode atau 1000 hari pertama kehidupan, serta sangat baik bagi Ibu pada periode persiapan kehamilan, masa kehamilan hingga memberikan ASI dan dilanjutkan pada usia dini hingga remaja,” papar wanita yang juga merupakan Bunda PAUD Inhil ini.

Hj.Zulaikhah menegaskan, TP-PKK Inhil bekerjasama dengan Dinas Perikanan Inhil akan terus berusaha mensosialisasikan gerakan gemar makan ikan yang dimulai dari usia dini.

Acara dibuka oleh Bupati Inhil Drs HM Wardan MP. Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau yang di wakili Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP)Yon Azhari, Unsur Forkopimda Inhil, Kepala Dinas Perikanan Inhil H Mukhtar T, anggota TP-PKK Provinsi Riau, Camat se-Inhil, Ketua TP-PKK se-Inhil, dewan juri, dan tamu undangan lainnya.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Bupati Inhil beserta rombongan mencanangkan gerakan makan ikan usia dini yang ditandai dengan penyuapan ikan kepada murid TK dan RA yang ada di Tembilahan.

Menurut Bupati, lomba ini memiliki 2 tujuan, yaitu untuk menjadi pemenang dan hasil dari perlombaan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya harap benar-benar dipilih pemenang yang terbaik. Karena akan mewakili kabupaten kita ke tingkat provinsi. Dan di provinsi mudah-mudahan dapat mewakili ke tingkat nasional,” tuturnya.

Sebagai kegiatan tahunan, tambahnya, lomba ini harus memiliki persiapan yang sangat matang. Dirinya berharap agar OPD yang melaksanakan lomba tahunan agar dapat menyusun program dan anggaran sesuai dengan keperluan.

“Tujuan yang kedua hasil dari lomba yang kita laksanakan ini agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dari LCM Serba Ikan ini harapan saya bagaimana masyarakat gemar memakan ikan karena di daerah kita untuk mendapatkan ikan tidaklah sulit, kita punya kita punya aliran sungai yang dipenuhi dengan berbagai macam jenis ikan,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Orang Nomor Satu Di Inhil ini mengimbau agar masyarakat dapat menjaga sungai yang menjadi habitat ikan. “Mari kita lestarikan sungai kita supaya tidak ada lagi masalah penangkapan ikan dan udang dengan cara yang dilarang agar ikan yang kita makan memberi faedah untuk kesehatan,” tutupnya.(mini/Adv)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Buka LCM Serba Ikan Tahun 2018, Wardan: Mari Lestarikan Sungai Agar Ikan yang Kita Makan Memberi"