Budayakan Literasi di Sekolah, Balai Bahasa Riau Kunjungi SDN 184 Panam

20161021_083102

Kepala Balai Bahasa Riau, Drs. Umar Solikhan, M. Hum memberi motivasi pada siswa SDN 184 Tampan

Ojenews.com, Pekanbaru, Riau- Budayakan literasi dengan sasaran sekolah dasar, Balai Bahasa Riau bersama duta bahasa kunjungi SDN 184 Jalan Putri Tujuh Panam, jumat (21/10)

Kedatangan di sekolah terebut untuk memberikan motivasi pada siswa agar giat, gigih dan semangat untuk membaca, terutama tentang hikayat dan cerita yang melegenda berasal dari Riau.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs.Umar Solikhan, M.Hum, mengatakan, kunjungan dalam program yang sudah disusun, kali ini mengunjungi SDN 184 Jalan Putri Tujuh kecamtan Tampan.

Dukung program literas bersama Duta bahasa, balai bahasa secara bersama-sama ke SDN 184 Panam, guna menyajikan cerita rakyat dari negeri sendiri.

Kehadiran disambut gembira para siswa. Mereka di berikan motivasi dan di sajikan cerita rakyat, kemudian meminta kembali pada siswa untuk menceritakan pada siswa.

“Sangat luar bisa, setelah siswa mendengarkan cerita lalu mereka menceritakan lagi secara baik dengan bahasanyanya sendiri namun tetap pada kontek berbahasa Indonesia, Kata Umar.

Ada misi dari menceritakan hikayat Rakyat pada siswa, agar mereka mengenal cerita Rakyat di tanah kelahirannya, kemudian menghayati serta menerapkan nilai luhur.

Semua itu bermuara pada peningkatan semangan siswa untuk membaca.

“Lindungi hazanah sastra dan melestarikannya, maka dengan mengujungi sekolah dan membawa siswa untuk mendengarkan cerita rakyatlah sebagai langkah yang dapat di lakukan,” jelaskanya.

Kegiatan ini sangat bermanfaat, terlebih bagi siswa sekolah dasar, kerena mereka tunas bangsa. Dari itu, dimasukkanlah karakter baik lewat cerita yang disajikan pada siswa,” ungkapnya.

Disampaikannya, sekolah yang di kunjungi dalam program literasi oleh Balai Bahasa ini, adalah SDN 184, sebelumnya Alai Bahasa Kunjungi Sekolah Al-Hidayah, dan nanti akan mengunjungi SDN 36.

Kepala Sekolah Negeri (SDN) 184, Hj. Rohminalyati, S.Pd. MM, mengatakan, merasa bangga dan senang karena dipercaya Balai Bahasa dalam pelaksanaan literasi disekolah.

Dengan kegiatan ini siswa bisa lebih mencintai Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Disi lain, literasi ini juga dapat menumbuhkan jiwa membaca pada siswa.

Menurutnya, minat baca siswa selma ini cukup bagus, bahkan pernah mengikuti lomba tajaan Balai Bahasa. Untuk mendukung program literasi disekolah, banyak buku disediakan untuk siswa dengan berbagai judul.

Untuk program literasi Balai Bahasa ini, siswa yang dilibatkan dari kelas III hingga VI, jelasnya. (aa)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Budayakan Literasi di Sekolah, Balai Bahasa Riau Kunjungi SDN 184 Panam"