Bencana Covid-19 Tak Halangi Niat PT.ISB Lakukan Pembinaan Pada Masyarakat Untuk Peningkatan Ekonomi

Ojenews.com Rohul Riau

Negeri Seribu Suluk,-Ditengah kondisi Pandemi Covid-19 yang penyebarannya masih tinggi tidak menghalangi niat tulus dan mulia PT. Indomakmur Sawit Berjaya (ISB) untuk terus melakukan pembinaan kepada masyarakat sekitar guna peningkatan ekonomi kerakyatan.

Dengan dilakukannya Penaburan benih ikan nila untuk tahap kedua sebanyak 25.000 ekor yang bekerjasama dengan kelompok tani/perkumpulan tani Sekata Desa Rambah, Kabupaten Rokan Hulu pada Kamis (15/10/2020). Diharapkan mampu menumbuh kembangkan perekonomian para kelompok tani itu.

Hadir dalam penaburan benih Ikan Nila tersebut Kapores Rokan Hulu AKBP Taufiq beserta rombongan, Kapolsek Rambah Hilir Budi Ichsani, Camat Rambah Hilir Adi Irawan, Kepala Desa Rambah Adi Saputra, Manager  PT.  Indomakmur Sawit Berjaya (ISB) Edy Gunawan didampingi Humas Malinton H. Purba.

Dalam sambutannya Ketua Kelompok Tani Irwanto menyampaikan bahwa program budidaya ikan nila ini telah berjalan sejak maret 2020 dimana pada awalnya kelompok tani sekata menerima bantuan bibit ikan nila sebanyak 20.000 ekor beserta pakan. Atas binaan PT. ISB pada bulan Juli 2020 telah dilakukan panen raya perdana budidaya ikan nila ini.

Dan Alhamdulillah hari ini kita kembali melakukan penaburan benih ikan nila sebanyak 25.000 ekor.

“program budidaya ikan nila ini telah berjalan sejak maret 2020 dimana pada awalnya kelompok tani sekata menerima bantuan bibit ikan nila sebanyak 20.000 ekor beserta pakan. Atas binaan PT. ISB pada bulan Juli 2020 telah dilakukan panen raya perdana budidaya ikan nila ini. Alhamdulillah hari ini kita kembali melakukan penaburan benih ikan nila sebanyak 25.000 ekor” kata Irwanto selaku ketua kelompok tani.

Irwanto mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Rokan Hulu, Kapolsek Rambah Hilir, Camat Rambah Hilir atas kehadiran pada acara penaburan bibit ikan nila tahap kedua ini dan tentunya apreasiasi yang sangat tinggi kepada PT. ISB atas bantuan dan binaan terhadap kelompok tani sekata desa rambah. Saat ini kelompok tani sekata telah berbadan hukum secara resmi dan telah terdaftar dikementerian Hukum dan Ham.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Rokan Hulu dalam sambutannya menyampaikan agar program-program seperti ini dapat digalakkan karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini juga selaras dengan program kampung tangguh Nusantara TNI-Polri yaitu Program ini merupakan upaya inovasi melawan Covid-19 berbasis lingkungan RT/RW. Selain itu, untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19, TNI-Polri terjun ke masyarakat untuk membagikan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan.

“Program-program seperti ini harus digalakkan karena sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini juga selaras dengan program kampung tangguh Nusantara TNI-Polri yaitu Program ini merupakan upaya inovasi melawan Covid-19 berbasis lingkungan RT/RW. Selain itu, untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19, TNI-Polri terjun ke masyarakat untuk membagikan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan” tuturnya.

Malinton H Purba mengatakan, bahwa PT ISB sangat konsen untuk membantu masyarakat, khususnya para pemuda dan masyarakat kreatif untuk berusaha, seiring dengan visi Pemkab Rohul  untuk mengembangkan ekonomi dan mensejahterakan  masyarakat.

Budidaya ikan tersebut, jelasnya, telah membuka lapangan kerja dan menjadi sumber ekonomi kelompok usaha itu sendiri.

Dengan harapan, hasil budidaya perikanan ini bisa mendongrak perekonomian masyarakat. “Adanya program ini merupakan salah satu bentuk wujud nyata program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

“Kami berharap melalui program ini mampu memberikan perubahan dan peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat,” lanjutnya.

“Penaburan benih ikan ini merupakan merupakan tahap kedua dan  kedepannya dari perusahaan akan selalu support mengenai keberlanjutan usahanya karena kita melihat peluang usaha budi daya ikan ini sangat potensial dalam peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Rambah,” tutur Malinton Purba

“Penaburan bibit ikan ini merupakan  program pemberdayaan dan pengembangan ekonomi kerakyatan terhadap masyarakat sekitar kawasan lingkungan perusahaan, saya berharap semoga dengan program pemberdayaan ini bisa bermanfaat bagi Masyarakat Desa Rambah,” harap Malinton H. Purba

Kepala Desa Rambah Adi Saputra menyampaikan terimakasih kepada PT ISB atas kerjasama serta bantuan-bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat serta  berharap budidaya ikan nila oleh kelompok tami sekata ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa.

“Saya berharap dengan adanya program budidaya ikan nila oleh kelompok tani sekata ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa serta dapat menumbuhkan kelompok-kelompok tani yang lain,”  tutupnya.(rat).

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Bencana Covid-19 Tak Halangi Niat PT.ISB Lakukan Pembinaan Pada Masyarakat Untuk Peningkatan Ekonomi"